Setiap Pelaut Wajib untuk Mengenali Isi Kamar Mesin Kapal

0
593
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Dalam kamar mesin kapal biasanya diisi dengan banyak komponen mesin dari kapal yang penting. Bagi pelaut hal ini adalah suatu yang penting untuk dipelajari tanpa melewatkan salah satu pun. Masing-masing dari komponennya saling berhubungan untuk mendapatkan sambungan yang pas sesuai kinerjanya.

Setiap Pelaut Wajib untuk Mengenali Isi Kamar Mesin Kapal

  1. Pompa minyak lumas

Komponen pertama yang perlu dipahami dalam hal ini adalah pompa minyak pelumas. Biasanya hal ini berguna untuk melumasi mesin yang sering terjadi gesekan. Sehingga selain tidak memberikan suara yang bising hal ini juga membuat mesin tidak terjadi korosi di dalamnya. Proses alirannya juga memiliki sirkulasi yang jelas yakni melalui unit pendingin lewat temperatur sesuai aturannya.

  1. Pompa service umum

Komponen berikutnya yang penting dalam isi kamar mesin kapal pelaut adalah pompa service umum. Unit ini memiliki kegunaan penting yakni sebagai pengatur atau pemisahan dari air lautnya.

Biasanya komponen ini berfungsi lebih dari itu karena bisa mengatur suhu tetap stabil dan juga bisa berguna untuk pelumas. Bahkan aliran yang diberikan bisa menjadi alternatif pemadam kebakaran yang terjadi dalam kapal.

  1. Pompa pendingin air laut

Berikutnya yang tidak kalah penting adalah pompa pendingin air laut. Gunanya adalah sebagai proses pendinginan air tawar yang ada di dalam kapal. Pompa ini mengalir secara teratur menuju bagian yang membutuhkan proses pendinginan dengan sempurna. Namun setelah gunanya selesai maka air laut akan dibuang kembali pada asalnya.

  1. Pompa pendingin air tawar

Setelah ada pendingin untuk air laut Anda wajib tahu sebagai calon lowker pelaut dalam hal ini. Yakni adanya pompa untuk pendingin air tawar. Sistem pipa yang digunakan untuk mendinginkan air tawar yang ada secara maksimal. Mereka memiliki aliran yang sesuai serta untuk pemadam kebakaran pembantu.

  1. Pumps

Jenis pompa lainnya yang penting dalam mesin kapal adalah pumps. Bentuknya terdiri dari banyaknya sambungan pipa penting di dalamnya. Tugasnya adalah untuk memberikan aliran zat cair yang penting untuk kapal. Zat cairnya bisa berupa bahan bakar sampai dengan aliran air yang dibutuhkan.

  1. Generator

Terkadang aliran listrik dalam kapal terjadi masalah sehingga mesin tidak bisa bergerak dengan maksimal. Inilah pentingnya perlu adanya generator yang digunakan untuk menggantikan aliran listriknya. Generator ini termasuk dalam mesin cadangan untuk membuat kinerja kapal tetap berjalan dengan baik. Tugasnya menjalankan motor-motor listrik dan menyebar ke seluruh bagian kapal.

Anda juga harus tahu bahwa komponen yang ada dalam kamar mesin kapal jumlahnya memang cukup banyak. Masing-masing mesin inilah yang perlu dijaga agar selalu dalam kondisi yang baik. Sehingga bisa menggerakkan kapal tetap baik sampai tujuan pelayaran tentunya. Karena itulah setiap pelaut wajib untuk mengenalinya agar mengetahui fungsinya.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here