Thursday, July 18, 2024
HomeTips Pelaut4 Tips Mencari Diklat Pelaut Agar Tidak Salah Pilih

4 Tips Mencari Diklat Pelaut Agar Tidak Salah Pilih

Berikan Rating Sekarang

Bagi Anda yang berniat untuk menjadi seorang pelaut, tipe mencari diklat pelaut berikut ini adalah hal yang penting untuk dilakukan. Mencari diklat terbaik haruslah dilakukan agar calon pelaut mendapatkan pendidikan dengan kualitas nomor satu.

Mengapa demikian? Karena minat masyarakat yang ingin menjadi seorang pelaut sangat tinggi. Oleh karena itu diperlukan kejelian untuk memilih diklat terbaik.

Tips Mencari Diklat Pelaut Agar Tidak Salah Pilih

  1. Cek Track Record

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengecek reputasi atau track record diklat pelaut tersebut. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengeceknya seperti mengunjungi website diklat tersebut.

  1. Fasilitas

Setelah mengecek reputasinya, yang perlu dilakukan selanjutnya adalah melihat apakah fasilitas yang tersedia cukup baik atau tidak. Karena, bagus tidaknya fasilitas sebuah diklat akan mempengaruhi keputusan apakah akan memilih diklat tersebut atau tidak. Diklat yang baik bukan hanya menyediakan fasilitas dalam bentuk fisik saja, namun juga baik dalam segi non-fisik.

  1. Latar Belakang Para Ahli Pengajar

Setelah fasilitas yang tersedia dan reputasi sudah dipertimbangkan dengan baik, calon pelaut juga harus mengecek latar belakang atau background para ahli pengajar yang tersedia di diklat tersebut.

Sebuah diklat bisa dikatakan berkualitas dan mumpuni apabila mempunyai ahli tenaga pengajar yang mumpuni. Kemudian, tenaga pengajar tersebut pun harus memiliki dua background yang berbeda.

Seorang tenaga pengajar diklat pelaut adalah yang berlatar belakang sebagai akademisi dan juga praktisi. Hal tersebut bertujuan agar sistem pendidikan yang ditawarkan akan lebih komprehensif.

  1. Koneksi atau Network

Tips mencari diklat pelaut terbaik yang terakhir adalah mengecek koneksi atau network diklat tersebut. Apakah diklat tersebut memiliki hubungan dengan industri pelayaran yang memang dikelola  oleh lembaga tempat diklat tersebut bernaung.

Sebuah diklat pelaut yang mempunyai sejumlah koneksi atau network dengan beberapa perusahaan ternama yang berkaitan dengan industri pelayaran tentu saja memiliki nilai lebih. Selain itu juga, diklat tersebut tentu saja memiliki pengalaman lebih dibandingkan dengan diklat pelaut yang hanya memiliki satu atau dua network atau koneksi dengan perusahaan yang bergerak di bidang industri pelayaran.

Pelaut memang diwajibkan untuk mengikuti program diklat keahlian, di mana program tersebut terbagi menjadi beberapa jenjang, jalur dan jenis agar keahlian pelaut meningkat untuk dapat mendapatkan sertifikat keahlian.

Sertifikat tersebut adalah surat izin yang harus dikantongi pelaut sebagai bukti bahwa sang pemegang lisensi tersebut sudah memiliki keahlian dan pengetahuan untuk berlayar.

Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui tips mencari diklat pelaut yang memang memiliki kualitas terbaik. Sebab, hal tersebut akan mempengaruhi karier sang calon pelaut ke depannya apakah akan menjadi seorang pelaut yang berkualitas atau justru menjadi seorang pelaut yang kariernya mandek.

Berikan Penilaian Artikel:

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments