5 Cara Jadi Pelaut Setelah Lulus Dari Sekolah Pelaut

0
327
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Sekolah pelaut menjadi salah satu cara yang banyak ditempuh orang jika ingin menjadi pelaut. Bahkan di Indonesia sendiri ada sekolah khusus untuk pelaut atau pelayaran. Sekolah tersebut akan membantu untuk memfasilitasi siswa yang ingin menjadi pelaut. Dengan kata lain setelah lulus dari sekolah tersebut, maka siswa akan memiliki kesempatan yang lebih besar menjadi pelaut.

Siswa juga akan mendapatkan sertifikat pelaut tingkat tertentu sebagai salah satu syarat bekerja di pelayaran. Sekolah pelayaran atau sekolah pelaut ini memang cukup penting jika ingin menjadi pelaut. Namun selain sekolah pelaut, seorang pelaut juga perlu mengikuti beberapa cara seperti berikut.

Inilah cara menjadi pelaut setelah lulus dari sekolah pelaut

  1. Kemampuan Berbahasa Asing

Saat ini memiliki kemampuan berbahasa asing untuk bekerja sudah menjadi skill penting yang perlu dimiliki. Sama halnya dengan pekerjaan menjadi seorang pelaut. Kemampuan berbahasa asing berupa bahasa inggris sangat penting dimiliki. Terutama jika jenis pekerjaan pelaut yang mengharuskan untuk berlayar ke luar negeri atau kapal internasional.

Pastinya nanti akan banyak berinteraksi dengan para pelaut asing lainnya dimana bahasa paling banyak digunakan adalah bahasa Inggris. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik juga akan membantu lebih cepat mendapatkan kontrak pekerjaan. Jadi sebelum mengambil lowker pelaut pastikan Anda memiliki kemampuan tersebut.

2. Mencari Info Lowongan

Selanjutnya yang penting dilakukan adalah mencari lowongan pekerjaan sebagai pelaut. Coba untuk terus mencari lowongan pelaut dan sebarkan CV sesuai dengan ketentuan. Gunakan CV yang bagus dan tidak bertele-tele serta menjelaskan dengan jelas pengalaman.

3. Memiliki Banyak Relasi

Untuk mencari pekerjaan maka tidak hanya bisa dilakukan dengan mencari lowongan saja. Relasi bisa menjadi salah satu jalan untuk Anda bisa mendapatkan pekerjaan pelaut yang sesuai.

Memiliki relasi akan lebih memudahkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan. Jadi jangan sungkan untuk membangun banyak relasi dengan orang sekitar yang juga berhubungan dengan pelayaran.

4. Memiliki Sertifikat

Syarat menjadi pelaut selanjutnya adalah penting untuk Anda memiliki sertifikat. Ada berbagai macam jenis sertifikat untuk menjadi seorang pelaut. Sertifikat tersebut juga dibedakan berdasarkan tingkatan dan penempatan kerja atau bagian kerja pelaut. Selain sertifikat, dokumen penting juga perlu dipersiapkan.

Biasanya jenis dokumennya bisa berupa paspor, sertifikat MFA, AFF, PSCRB, BLGT dan lainnya. Namun jenis sertifikat dan dokumen yang dibutuhkan juga disesuaikan dengan jenis kapal dimana Anda akan bekerja. Seperti apakah kapal ikan, kapal tanker atau jenis kapal lainnya.

5. Menyiapkan Mental

Bekerja menjadi seorang pelaut tidaklah mudah. Untuk itu perlu menyiapkan mental yang kuat jika ingin menjadi pelaut. Bahkan persiapan mental ini terkadang sudah ada sejak Anda mengikuti sekolah pelaut.

Hal ini juga karena pelaut diharuskan untuk bekerja dalam waktu yang lama dan jauh dari keluarga. Jadi memang penting sebelum melamar kerja sebagai pelaut, Anda bersiap diri tidak hanya secara fisik, namun juga mental.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here