7 Jenis Kapal Pelaut yang Bisa Anda Jadikan Tempat Kerja

0
240
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Banyak orang pastinya mengetahui kapal pelaut. Hanya saja seiring dengan berkembangnya alat transportasi maka kapal tersebut juga ada banyak jenisnya. Setiap jenis kapal laut memiliki kegunaan atau fungsinya masing-masing. Bahkan ada juga kapal berdasarkan perusahaan atau pemiliknya. Seperti milik perseorangan atau kapal milik negara.

Macam-macam kapal pelaut

  1. Kapal penelitian

Jenis kapal pertama adalah kapal penelitian. Sesuai dengan namanya, maka penggunaan kapal ini hanya untuk kebutuhan penelitian saja. Cabang ilmu yang berhubungan dengan riset laut akan menggunakan kapal jenis ini. Selain itu kapal ini juga memiliki jenis lainnya juga seperti kapal untuk riset hidrografi, oseanografi, riset kutub dan perikanan.

2. Kapal angkatan laut

Kapal ini berbeda dengan kapal kebutuhan pribadi dimana memang digunakan untuk kebutuhan militer angkatan laut. Kapal ini termasuk dalam kapal resmi negara sehingga pasti ada bendera Indonesia sebagai identitas. Kapal angkatan laut ini juga terbagi menjadi beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan fungsinya. Seperti untuk kebutuhan patroli saja atau untuk perang.

3. Kapal derek

Kapal ini memiliki fungsi untuk membantu mengangkat barang berat. Biasanya kapal seperti ini akan digunakan untuk membantu kebutuhan pengerjaan proyek bangunan lepas pantai. Dikarenakan fungsinya untuk mengangkat beban berat, maka kapal ini juga mampu mengangkat beban ratusan sampai ribuan ton. Mengetahui jenis kapal akan sangat penting untuk Anda yang ingin menjadi pelaut dari lowker pelaut.

4. Kapal tanker

Ketika Anda berada di pantai dengan pandangan ke laut lepas, mungkin akan sering melihat kapal tanker ini. Kapal ini bekerja untuk mengangkut minyak dan semua jenis bahan turunannya. Kapal ini memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan jenis kapal angkut yang lain. Kapal tanker ini sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu kapal crude carrier dan product tanker.

5. Kapal pesiar

Kapal pesiar adalah jenis kapal yang berguna dalam bidang pariwisata. Kapal ini memang digunakan untuk tujuan komersial. Penggunaannya akan membantu penumpang bisa menikmati keindahan laut dan juga berbagai macam fasilitas yang disediakannya.

Kebanyakan kapal pesiar akan memiliki jalur rute dengan titik awal yang sama. Jadi jenis kapal pelaut ini memang ditujukan untuk wisatawan yang ingin berlibur di atas laut.

6. Kapal barang

Sesuai dengan namanya, fungsi dari kapal ini untuk mengangkut barang. Kapal ini akan membantu membawa semua barang dari hasil perdagangan internasional. Untuk di Indonesia sendiri biasanya akan digunakan untuk membawa bahan pangan dari pulau satu ke pulau yang lainnya.

7. Kapal feri

kapalyang terakhir adalah jenis kapal feri. Kapal ini adalah jenis kapal untuk penumpang dalam jarak dekat. Namun kapal ini harus memenuhi beberapa syarat-syarat pelayaran sebelum bisa digunakan.

Itulah berbagai jenis kapal pelaut yang bermanfaat untuk Anda tahu sebelum melamar kerja. Jenis kapal tempat Anda bekerja nantinya juga akan menentukan beda tugas serta tanggung jawab yang akan didapatkan.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here