5 Tips Lolos Interview Pelaut untuk Yang Sedang Melamar

0
2006
views
sumber: google.co.id
5/5 (1)

Interview pelaut merupakan salah satu tahapan penting yang harus dilalui oleh calon pelaut sebelum diterima oleh perusahaan. Saat melakukan tahapan ini, Anda mungkin merasa tegang dan khawatir jika interview tidak berjalan dengan lancar.

Supaya tahapan ini dilalui dengan mudah dan lancar, cobalah untuk melakukan tips menjalankan interview untuk calon pelaut. Tips ini dijamin akan membuat Anda lebih percaya diri saat menghadapi pewawancara.

Tips Sukses Interview Pelaut untuk yang Sedang Melamar

1. Perhatikan Cara Berpakaian

Banyak orang yang sering mengalami kegagalan saat interview, salah satu alasannya karena kesan pertama yang buruk. Agar Anda terhindar dari resiko ini, usahakan untuk mengenakan pakaian yang baik dan rapi.

Sebagai  tambahan detailnya, Anda bisa mengenakan beberapa aksesoris seperti jam tangan. Meskipun sepele, mengenakan jam tangan akan memberikan kesan menghargai waktu. Jangan lupa untuk mendapatkan tambahan nilai positif dengan memakai wewangian.

2. Menjaga Sikap

Ketika membaca lowongan pelaut, Anda mungkin tidak berpikir bisa sampai ke tahap interview. Setelah sampai di tahapan ini raih kesempatan untuk menjadi awak kapal termasuk dengan menaklukan hati pewawancara.

Berikan sikap yang baik, ramah dan bersahabat tapi tetap menonjolkan sisi profesionalisme. Saat masuk ke ruang interview, jangan sungkan untuk menjabat tangan pewawancara dan memberikannya senyuman manis Anda.

3. Percaya Diri

Saat melakukan wawancara, Anda akan diberikan banyak pertanyaan mulai dari pertanyaan pribadi hingga pertanyaan seputar pengetahuan tentang lowongan ABK pelaut. Jawablah semua pertanyaan yang diberikan oleh pemberi wawancara dengan penuh percaya diri.

Tunjukkan kemampuan Anda dalam berbicara, tidak perlu merasa malu bahkan takut. Di tahapan ini, pewawancara sedang menguji Anda. Apakah Anda memiliki kepercayaan diri atau justru sebaliknya.

4. Menjalin Hubungan Keakraban

Profesionalisme memang penting dalam membangun hubungan pekerjaan, tapi sebelum memasuki gerbang tersebut tidak ada salahnya untuk menjalin hubungan keakraban. Hubungan keakraban menandakan Anda telah berhasil mengambil hati dan perhatian dari si pewawancara.

Secara tidak langsung, pewawancara telah merasa nyaman saat berbicara dengan Anda. Semakin akrab Anda dengan pewawancara, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan pekerjaan tersebut. Mengapa demikian? karena profile Anda yang paling menempel di benak mereka.

5. Berkonsentrasi Saat Menjawab Pertanyaan

Kesempatan menemukan lowker pelaut tidak seperti pekerjaan lainnya. Karena bidang pekerjaan ini termasuk pekerjaan yang membutuhkan keahlian maupun keterampilan tinggi.

Ketika Anda dipanggil untuk interview di salah satu perusahaan kapal Indonesia atau asing, buat pewawancara merasa terkesan dengan jawaban yang Anda berikan. Usahakan agar tidak menjawab pertanyaan dengan jawaban yang sudah umum atau sudah dijawab oleh peserta interview lainnya.

Buatlah pewawancara menilai Anda unik dan berkualitas. Maka sebelum asal menjawab pertanyaan dari pewawancara, cobalah untuk fokus. Dengan fokus Anda bisa menemukan jawaban yang pas dan tepat.

Itulah lima hal yang harus Anda lakukan bila ingin lolos interview pelaut. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here