7 Rincian Tugas Crew Engine yang Harus Dilakukan Awak Kapal

0
479
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Tugas crew engine tidak kalah banyak dan rumit daripada tugas yang diemban oleh awak di deck department. Seperti namanya, Anda mungkin sudah mengira-ngira apa tugas pokok yang dimiliki oleh crew engine. Pokok tugas mereka memang didominasi dengan pekerjaan di bidang mesin atau engineer. Sebagaimana mesin pada umumnya, kapal juga terdiri dari berbagai komponen mesin yang butuh dikontrol dan diawasi pergerakannya setiap hari.

7 Jenis Tugas Crew Engine yang Harus Dilakukan Awak Kapal

1. Chief Engineer

Bila di deck department ada nahkoda atau kapten yang menduduki jabatan tertinggi. Di department crew engine kita akan mengenal chief engineer. Sebagai seorang pemimpin tertinggi, chief engineer memiliki tanggung jawab penuh atas kinerja mesin kapal.

Seorang chief engineer tidak dipilih secara sembarangan, harus yang memiliki keahlian dan keterampilan mesin yang tinggi. Sehingga saat salah satu komponen mesin mengalami kerusakan, chief engineer bisa segera mengetahui masalahnya lantas memperbaikinya.

2. Masinis 1

Sebagai pemimpin, chief engineer tidak bisa mengerjakan semuanya seorang diri. Maka dari itu ditunjuklah seorang masinis 1 yang akan bertanggung jawab penuh dalam menjaga dan mengontrol kinerja dari sistem hidrolis, main engine dan kemudi kapal.

Pekerjaan yang dilakukan oleh masinis 1, berada sepenuhnya di bawah pengawasan chief engineer. Masinis 1 juga bertanggung jawab sebaga kepala kerja dan inventaris kapal terutama tentang main engine. Seorang oilman dan foreman mesin baru bisa melakukan tugasnya, bila diminta dan disetujui oleh masinis 1.

3. Masinis 2

Salah satu tanggung jawab pelaut department crew engine adalah mengawasi generator sekaligus kompresor. Tugas ini diberikan pada masinis 2 yang turut bekerja sebagai invetaris khususnya untuk auxylary engine.

4. Masinis 3

Kegiatan pemompaan dan sistem pendinginan kapal semuanya menjadi tanggung jawab berat yang diemban oleh seorang masinis 3. Masinis 3 juga bekerja sebagai inventaris pengadaan dari peralatan yang berhubungan dengan tugas utamanya yakni pemompaan dan sistem pendingin.

5. Foreman Atau Mandor Mesin

Lebih lanjut tentang tugas peluat yang diemban oleh seorang mandor mesin adalah menerima pekerjaan yang diserahkan masinis 1. Mandor mesin juga memiliki peranan penting sebagai penjaga kebersihan ruang engine.

6. Oilman

Tugas utama dari seorang oilman adalah membantu pekerjaan masinis jaga termasuk menyerahkan jurnal mesin. Sesekali oilman akan turun ke lapangan untuk membantu tugas foreman. Sama seperti mandor mesin, seorang oilman juga wajib menjaga kebersihan engine room.

7. Kelasi Mesin

Dari sekian banyak lowongan pelaut jarang sekali ada yang ingin menjadi seorang kelasi mesin. Mengapa demikian? karena tanggung jawab dari wiper atau kelasi mesin adalah membantu tugas foreman. Tugas sepele lain yang dikerjakan oleh kelasi mesin adalah membersihkan engine room.

Dan itulah tujuh daftar tugas crew engine. Anda yang berencana masuk bekerja sebagai pelaut wajib memahami masing-masing tugas tersebut.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here