Cara Mudah Cek Sertifikat Pelaut Asli atau Tidak

0
311
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Cek sertifikat pelaut dibutuhkan untuk mengetahui apakah sertifikat tersebut asli dan bisa dipergunakan atau tidak. Sebagian negara ada yang mengharuskan pelaut untuk mempunyai sertifikat secara otentik. Sertifikat tersebut dibutuhkan sebagai persyaratan ataupun dimanfaatkan untuk endorse. Hal inilah yang melatarbelakangi adanya tutorial mengecek sertifikat pelaut.

Lakukan cara ini untuk cek sertifikat pelaut

Sertifikat pelaut tentunya menjadi suatu hal penting bagi para pelaut. Nah, sebelum mengecek sertifikat tersebut, ada bagian dari sertifikat online yang harus diketahui yang akan dijelaskan berikut ini.

Pertama, ada nomor sertifikat pelaut yang tertulis di bagian kanan atas yang merupakan nomor seri dari sertifikat tersebut yang sudah bisa dicek secara online. Nomor seri ini terdiri atas 16 digit.  Selanjutnya ada kode pelaut yaitu angka 10 digit pertama dari nomor sertifikat tersebut. Nah, bagi yang ingin mengecek secara online sertifikat pelaut tersebut, bisa dilakukan dengan cara berikut:

1. Kunjungi situs resmi

Situs resmi atau website yang bisa dibuka untuk mengecek sertifikat tersebut yaitu pelaut.dephub.go.id yang bisa diketik di mesin pencari. Cara sign on buku pelaut juga dilakukan secara online.

2. Masukkan nomor sertifikat pelaut

Selanjutnya ketik nomor atau kode dari sertifikat yang dimiliki ke kolom kode pelaut tersebut.

3. Masukkan kode captcha

Tuliskan atau ketik huruf yang ada di gambar ke kolom yang tersedia. Semua huruf yang ada harus diketik sama persis dan tidak ada huruf yang keliru. Jika bagian captcha terjadi eror maka kode captcha tidak usah dimasukkan. Selanjutnya masukkan nomor sertifikat atau kode pelaut ke bagian yang telah tersedia.

4. Klik icon search

Icon search seperti kaca pembesar yang bisa diklik, selanjutnya akan muncul identitas atau personal detail. Misalnya nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, kode sertifikat pelaut, jenis kelamin dan umur, nama sertifikat, status dan masa berlaku. Mengenai cara print out sertifikat pelaut, bisa ditanyakan kepada tempat atau toko dimana sertifikat tersebut ingin di print out.

Karena ini adalah sebuah website online maka tidak bisa dipastikan semuanya berjalan lancar, maksudnya bisa saja di waktu tertentu terjadi down atau website tersebut tidak bisa diakses. Nah, jika ini terjadi maka yang bisa dilakukan ialah menunggu kapan website bisa berfungsi kembali seperti semestinya.

Agar tidak sering buka website tersebut apalagi saat sedang butuh sertifikat, websitenya mati. Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan langkah yang bisa dilakukan ialah dengan men-screenshoot atau menyimpan hasil pencarian tersebut. sebab kapal yang memiliki bendera seperti marshall memerlukan verifikasi sertifikat atau Certificate of Compentece dari pelaut.

Sekian artikel tentang cara atau langkah yang bisa dilakukan jika ingin melakukan cek sertifikat pelaut. Semoga bermanfaat.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here