Info Buku Pelaut yang Memiliki Fungsi dan Manfaat Penting

0
510
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Buku pelaut merupakan yang penting untuk dimiliki dan dijaga oleh seorang pelaut sehingga bagi yang ingin menjadi pelaut penting mengetahui info buku pelaut. Dengan memiliki buku pelaut atau juga disebut seamen book, maka pelaut tersebut bisa diakui bahwa dia benar seorang pelaut.

Info Buku Pelaut yang Memiliki Fungsi dan Manfaat Penting Harus Diketahui Pelaut

Buku pelaut tentunya bukan buku sembarangan sebab buku ini disahkan oleh pejabat pemerintah yang berwenang sehingga sampai di tangan pelaut. Selain itu, buku tersebut di dalamnya terdapat semua record pemilik selama melakukan pelayaran. Untuk lebih jelas manfaat dan fungsinya, berikut penjelasannya.

1. Buku identitas

Fungsi buku pelaut sebagai tanda pengenal pelaut sebab di dalamnya berisi berbagai hal menyangkut identitas dari pemilik buku  tersebut. Mulai dari nama pelaut, tanggal lahirnya, alamat, tinggi badan serta foto pemilik buku pelaut tersebut. Buku ini juga sebagai syarat untuk menjadi pelaut yang handal.

2. Terdapat catatan khusus pemiliknya

Buku pelaut juga berisi catatan mengenai masa berlayar pemilik buku pelaut  lengkap dengan nama jabatannya di atas kapal, nama dari kapal tempat pelaut bekerja hingga berat kapal tersebut.

3. Terdapat ijzah pelaut

Ijazah pelaut yang dibuktikan dengan sertifikat keterampilan dan sertifikat profesi juga dimasukkan ke dalam buku pelaut tersebut.

4. Berisi catatan kesehatan

Manfaat buku pelaut juga sebagai catatan kesehatan dari seorang pelaut. Tentunya untuk menjadi pelaut disyaratkan memiliki fisik yang sehat di mana dalam buku tersebut dibuktikan tidak dimiliki catatan penyakit. Inilah fungsi ketiga dari buku pelaut yaitu sebagai catatan kesehatan pelaut.

5. Pengalaman melakukan pelayaran

Pengalaman berlayar juga menjadi satu hal yang sangat penting bagi para pelaut dan pengalaman berlayar ini juga ada tercatat dalam buku pelaut. Pengalaman ini juga memberikan dampak kepada kisaran gaji yang didapatkan pelaut tersebut. Jika tidak adanya pengalaman atau aktivitas berlayar tercantum dalam  buku pelaut, maka akan mengganggu saat menetapkan masa berlayar pelaut tersebut. Selain itu, pengalaman berlayar juga sangat penting bagi pelaut yang ingin melanjutkan pendidikan.

6. Dokumen pengesahan

Manfaat selanjutnya buku pelaut yaitu sebagai dokumen pengesahan atau dokumen resmi  serta batas berlakunya buku pelaut tersebut dari pihak yang berwenang. Mengenai informasi buku pelaut tidak terlalu sulit untuk membuat buku pelaut ini, namun tentunya dibutuhkan pembayaran dan bisa dilakukan melalui transfer melalui bank. Bahkan saat ini untuk membuat buku pelaut bisa dilakukan secara online.

Agar lebih memudahkan saat proses pembuatan berlangsung maka sebelumnya ada hal yang perlu dipersiapkan. Jika ada dokumen atau syarat yang tidak lengkap untuk membuat buku pelaut, sebaiknya jangan langsung percaya jika ada oknum yang bilang untuk meloloskan atau menyelesaikan pembuatan buku pelaut tersebut. Biaya yang dibutuhkan untuk membuat buku pelaut sekitar Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu. Mengenai perbedaan harga ini terjadi sebab tergantung dari perusahaan yang menyediakan info buku pelaut dan juga dipengaruhi oleh nilai tender pelabuhannya.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here