Ingin Mengajukan Lowongan ABK? Jangan Lupa Persiapkan 5 Hal Ini

0
290
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Hingga saat ini lowongan ABK kapal masih dibutuhkan, menjadi pelaut memang bukan profesi yang mudah namun tidak menyurutkan banyak orang meraih mimpi di bidang pelaut.

Jangan Lupa Persiapkan 5 Hal Ini Sebelum Mengajukan Lowongan ABK?

Tidak semua orang bsia menjadi pelaut tentunya karena tidak semua orang mampu melakukannya. Tugas menjadi ABK tergolong berat bagi mereka yang tidak mampu berlama-lama dalam masa pelayaran. Sehingga bagi yang ingin menjadi ABK, perlu mempersiapkan 5 hal berikut.

1. Kesehatan prima

Kesehatan prima menjadi syarat yang sangat penting bagi yang ingin bekerja di bidang pelayaran dan melamar lowongan kerja ABK sebab pelaut banyak melakukan berbagai kegiatan fisik. Sehingga bagi yang ingin jadi pelaut, perlu menjaga kesehatan dan pola hidup yang sehat. Tidak hanya itu saja, bahkan makanan atau minuman yang memberikan pengaruh buruk bagi kesehatan harus dihindari misalnya rokok, narkoba atau alkohol.

2. Kuat mental

Selain kesehatan fisik juga dibutuhkan mental yang sehat, kuat dan tangguh bagi yang ingin memilih profesi sebagai pelaut. Sebab bekerja di bidang pelayaran akan banyak hal yang ditinggalkan seperti orang tua, keluarga, kekasih, pasangan hingga orang terdekat lainnya dalam waktu yang tidak singkat alias waktu yang lama. Bagi yang memiliki mental tidak kuat, tentunya tidak mampu menjalani hari-hari yang jauh dari keluarga sehingga agar tidak merasa tersiksa dengan pekerjaan sangat diperlukan calon pelaut yang mempunyai mental tangguh.

3. Siapkan dokumen

Sama dengan pekerjaan lainnya untuk dapat bekerja di bidang tersebut, dibutuhkan berbagai dokumen agar lulus lowker ABK. Sebagai syarat dan hal yang harus dimiliki oleh pelaut. Diantaranya ada surat keterangan dari pihak kepolisian, sertifikat dan dokumen pelatihan  hingga dibutuhkan juga paspor khususnya pelat yang akan bekerja di luar negeri. Segala dokumen yang disyaratkan harus dilengkapi agar diterima menjadi pelaut.

4. Skill yang mumpuni dan bisa bekerja dalam tim

Profesi pelaut adalah profesi yang mengharuskan untuk berinteraksi antar pelaut, jadi bukan profesi solo yang bisa bekerja sendiri. Inilah yang melatarbelakangi dibutuhkan kemampuan bekerja dalam tim jika ingin menjadi pelaut. Maka sebelum melamar pekerjaan, pastikan dulu bahwa diri sendiri memiliki kemampuan bekerja dalam kelompok, cakap berkomunikasi dan bisa menerima saran baik dari atasan ataupun dari rekan kerja. Jika memang bawaan karakternya tidak suka diatur atau lebih cenderung memberontak, maka lowongan kerja jadi ABK bukanlah pilihan yang tepat.

5. Suka belajar hal baru

Profesi pelaut juga memerlukan proses belajar bukan berhenti belajar sehingga bagi yang ingin  menjadi pelaut harus bisa terbuka dengan berbagai hal baru. Untuk menjadi pelaut handal harus mau belajar sebab ada banyak yang perlu dipelajari mulai dari istilah hingga teknisnya. Begitu juga akan bekerja sama dengan orang baru, lingkungan baru  bahkan dengan orang dari negara luar sehingga kemampuan beradaptasi yang bagus harus dimiliki.

Demikianlah 5 hal yang perlu dimiliki sebelum melamar lowongan ABK. Tentu saja sebelum menjalani profesi ini ada banyak hal yang perlu dipersiapkan.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here