Jenis Loker ABK yang Bisa Dilamar Sesuai dengan Tugasnya

0
179
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Meskipun sebenarnya menjadi ABK itu penuh dengan resiko namun loker ABK masih diminati oleh banyak orang. Alasannya karena percaya bahwa gajinya yang didapatkan cukup tinggi.

Sebelum Melamar Loker ABK? Ketahui Dulu Seluk Beluknya

Masih banyak orang yang tidak memiliki pengetahuan sepenuhnya tentang profesi pelaut ini. Umumnya orang hanya mengetahui gajinya yang menggiurkan. Jika dilihat dari seginya memang tidak salah, namun gaji yang tinggi tidak diperuntukkan kepada semua profesi ABK. Sebenarnya gaji yang besar atau tidak tergantung posisi jabatan yang diemban. Nah, berikut ada beberapa macam jabatan dari departemen dek di atas kapal.

  1. Captain

Tugas kapten ialah memimpin jalannya kapal yang juga dikenal dengan sebutan master ataupun nahkoda. Jabatan sebagai nahkoda ialah jabatan yang paling tinggi di atas kapal sehingga gaji yang didapatkan  juga tinggi. Bahkan seorang kapten bisa memperoleh gaji dengan kisaran 10 kali lipat lebih besar dibandingkan gaji yang didapatkan anak buah kapal dengan jabatan yang sangat rendah.

2. Mualim 1

Dikenal juga dengan nama chief master yang memegang tanggung jawab  untuk menangani muatan kapal. Selain itu juga bertanggung jawab untuk memberi order kerja kepada bosun yang kemudian diteruskan kepada AB atau juru mudi hingga ke bagian kelasi. Sebelum memutuskan untuk melamar lowongan abk, perhatikan fisik terlebih dulu.

3. Mualim 2

Profesi ini juga dikenal dengan nama second mate di mana tanggung jawabnya pada obat-obatan. Selain itu juga memiliki peran untuk merawat  dan mengecek peralatan yang berhubungan dengan keselamatan kapal contohnya sekoci kapal dan alat pemadam kebakaran. Bahkan juga ikut membuat jalur ataupun rute yang digunakan sebagai pedoman pelayaran.

4. Mualim 3

Sebutan lain untuk mualim 3 yaitu third mate yang memiliki tanggung jawab untuk melakukan pengecekan terhadap berbagai alat-alat untuk keselamatan kapal selama proses pelayaran. Alat tersebut contohnya sekoci kapal serta alat pemadam kebakaran. Sehingga jika ingin melamar lowongan kerja abk, juga diperlukan skill yang mumpuni.

5. Bosun

Bosun ialah kepala kerja harian yang tanggung jawabnya juga di bagian perawatan kapal mulai dari proses pengecatan hingga pelumasan. Order kerja didapatkan langsung dari mualim 1 yang kemudian diteruskan ke AB atau juru mudi.

6. AB

Merupakan anak buah langsung dari bosun yang tugasnya selain mendapat order kerja dari bosun juga menjaga saat kapal berlayar. Penjagaan ini dilakukan dengan perwira kapal dan juga ketika lokasi kapal di pelabuhan.

7. Kelasi

Merupakan jabatan paling rendah  di bagian dek dan posisi ini juga akan dimainkan oleh pelaut pemula sebelum dinaikkan jabatan menjadi bosun atau juru mudi. Pengetahuan tentang apa aja tugas berbagai jabatan di atas kapal juga perlu diketahui sebelum melamar lowongan kerja jadi abk.

8. Koki

Tugas koki ialah menentukan menu makanan dan menyediakan makanan untuk semua awak kapal. Gaji koki umumnya bisa disamakan dengan kisaran gaji bosun meski tidak sepenuhnya atau semuanya seperti itu sebab kisaran gaji juga tergantung kebijakan perusahaan yang bersangkutan.

9. Pelayan

Profesi ini juga jabatan entri level yang bertugas membantu koki dalam menyediakan dan menyiapkan berbagai keperluan untuk menghidangkan makanan.

Itulah beberapa loker abk yang bisa ditemukan beserta kemampuan yang diperlukan. Untuk menjadi ABK bukan saja diperlukan keterampilan yang mumpuni. Tetapi juga dibutuhkan kesehatan fisik dan mental yang kuat sebab profesi ABK memiliki resiko yang berat.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here