Jenis-jenis Kapal Laut dan Apa Fungsinya

0
271
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Ada banyak sekali jenis-jenis kapal laut yang bisa Anda lihat di pelabuhan. Bahkan saat ini kapal laut memiliki banyak sekali manfaat untuk manusia. Mengingat jika kebutuhan transportasi laut masih terbatas, akhirnya inovasi menciptakan kapal semakin diperhatikan.

Jenis-jenis kapal laut beserta fungsinya

1. Kapal Feri

Salah satu jenis kapal yang sudah tidak asing lagi ditelinga dan penglihatan. Kapal feri menjadi salah satu kapal favorit penggemar transmigrasi. Biasanya kapal feri banyak digunakan sebagai alat transportasi untuk mudik.

Mampu mengangkut banyak orang dalam jumlah yang banyak. Kapal feri akan berlayar antar pulau untuk mengantarkan para penumpangnya.

2. Kapal barang

Jenis-jenis kapal laut dan fungsinya dibedakan dari awaknya. Jika kapal feri membawa manusia, maka lain halnya dengan kapal barang. Sesuai dengan nama, kapal ini sering digunakan untuk mengangkut barang dari berbagai pulau.

Kapal barang sering juga disebut dengan kapal kargo ship. Bahkan kapal ini juga akan membawa barang dagangan dari internasional, menyusuri benua, samudera, dan lautan untuk setiap tahun.

3. Kapal pesiar

Jenis kapal yang paling banyak diminati wisatawan. Kapal pesiar memiliki peran penting dalam hal pariwisata. Kapal pesiar sering digunakan untuk wisatawan agar bisa menikmati keindahan dan suasana laut dari dekat.

Bahkan kapal pesiar akan menyediakan fasilitas layaknya hotel berbintang. Itulah sebabnya sebagian orang tertarik menjadi ABK kapal pesiar karena bisa bekerja sekaligus berwisata. Jika Anda juga tertarik, bisa mengajukan lamaran melalui lowker pelaut.

Berbeda dengan kapal lain, kapal pesiar akan mengantarkan awaknya ke pelabuhan antar negara dan benua. Dengan lamanya perjalanan yang ditempuh, kapal ini memang dikhususkan sebagai sarana rekreasi di dalam kapal.

4. Kapal tanker

Kapal tanker adalah kapal yang berfungsi untuk mengangkut minyak. Itulah sebabnya tampilan kapal ini didesain lebih aman dan kuat dibandingkan dengan kapal lain. Saat ini barang yang diangkut oleh kapal tanker dibedakan menjadi dua, yakni barang bersih dan kotor.

5. Kapal derek

Kapal derek biasanya digunakan untuk mengangkut barang-barang berat. Dengan kemampuan tersebut, kapal derek sering digunakan untuk proyek di pantai.

Tak hanya itu, kapal derek bahkan mampu mengangkat barang dengan ratusan hingga ribuan ton. Jadi itulah sebabnya kapal ini banyak digunakan saat ada proyek besar-besaran yang mengharuskan membawa barang berat.

6. Kapal angkatan laut

Kapal angkatan laut adalah kapal khusus yang digunakan oleh tugas militer angkatan laut. Sebagai kapal resmi, desain kapal angkatan laut dipasangi bendera sebagai identitas kebangsaan.

Untuk kapal jenis ini jarang ditemui di lautan karena hanya pada saat angkatan laut sedang bertugas barulah kapal ini digunakan. Bahkan kapal ini tidak bisa ditemui di pelabuhan mana pun karena kapal angkatan laut memiliki pelabuhan khusus.

Itulah tadi jenis-jenis kapal laut beserta fungsinya. Mengingat jika sekarang kebutuhan transportasi dinilai tak terbatas, itulah sebabnya jenis-jenis kapal mulai beragam.

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here