7 Syarat Menjadi Pelaut yang Penting Untuk Anda Tahu

0
193
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Pelaut merupakan salah satu profesi yang banyak diinginkan oleh anak muda masa kini. Di samping penampilannya yang keren, ternyata gaji dari pelaut ini juga lumayan besar dan lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Namun nyatanya masih banyak orang yang tidak tahu mengenai syarat menjadi pelaut.

Berikut ini syarat menjadi pelaut

1. Berkas yang Dibutuhkan

Berkas-berkas yang dibutuhkan di sini biasanya meliputi ijazah, surat keterangan kesehatan dan dokumen umum lainnya. Pastinya dokumen-dokumen ini sangat mudah didapatkan dan tidak rumit dalam pengurusannya. Untuk lebih mudahnya, masuklah pada web dimana tempat pendaftaran sebagai pelaut itu dibuka, maka di sana akan ditemukan tutorial menjadi pelaut beserta berkas yang dibutuhkan.

Setiap kampus biasanya mengeluarkan kebijakan yang berbeda-beda, entah bisa mendaftar melalui online atau offline dan bahkan menerima dua-duanya. Untuk masalah berkas yang dibutuhkan Anda bisa menyesuaikan dengan kampus yang akan dituju mengenai persyaratannya.

2. Berlatih Fisik

Seperti sekolah kedinasan, sekolah pelaut ini juga terdapat berbagai macam rangkaian tes untuk bisa masuk ke sekolah ini. Hanya siswa yang memenuhi kualifikasilah yang akan diterima masuk di sini dan saingannya bukan hanya orang yang ada di daerahmu melainkan seluruh Indonesia. Salah satu tes yang diwajibkan adalah mengenai tes fisik. Akan banyak nantinya tes yang memerlukan ketahanan fisik seperti berlari. Sehingga ketahanan tubuh harus dilatih mulai saat ini.

3. Mata Normal

Seperti persyaratan sekolah kepolisian, sekolah pelaut juga mengutamakan siswa yang memiliki mata yang sehat terutama tidak buta warna. Jika pelamar memiliki kelainan ini maka sudah dipastikan tidak akan lolos.

4. Siapkan Imun Tubuh

Yang terpenting dari cara menjadi pelaut sukses adalah tubuh yang bugar dan sehat. Selain latihan fisik, jangan lupa jaga juga pola makan dan tidur agar tubuh tetap sehat dan imun tubuh meningkat.

5. Latihan Renang

Sesuai dengan namanya, menjadi pelaut. Maka syarat utamanya adalah harus bisa berenang. Sehingga penting sekali berlatih berenang mulai dari saat ini agar kemampuan berenang menjadi semakin bagus dan ketahanan nafas juga meningkat.

6. Jangan Lupa Belajar untuk Ujian Tertulis

Selain beberapa hal di atas jangan pernah lupakan tes tertulis yang harus dilalui di awal. Tes ini biasanya berisi beberapa pertanyaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Jadi cobalah kerjakan soal-soal latihan secara rutin dan latihlah konsentrasi Anda.

7. Belajar Bahasa Inggris

Bahasa Inggris penting untuk masuk ke sekolah pelaut pada sesi wawancara. Yaitu sesi yang paling terakhir di sini, namun sayangnya banyak yang gugur di sini karena meremehkan Bahasa Inggris. Maka dari itu, belajarlah Bahasa Inggris dasar, paling tidak pastikan Anda mengerti apa yang akan dijawab atau pertanyaan apa saja yang akan muncul saat sesi wawancara.

Itulah 7 syarat menjadi pelaut yang perlu dipersiapkan sejak dini apabila Anda sudah pasti ingin terjun ke pekerjaan pelaut.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here