Apa Saja Tugas dan Pekerjaan Kadet Mesin?

0
327
views
sumber: google.co.id
5/5 (1)

Pekerjaan kadet mesin merupakan salah satu tugas yang biasa diberikan untuk para kadet. Kadet sendiri adalah taruna pelayaran yang diwajibkan untuk mengikuti praktik berlayar kurang lebih selama 12 bulan atau satu tahun. Saat melakukan praktik berlayar sendiri para kadet dibagi menjadi 2 jenis bagian pekerjaan di kapal yaitu kadet deck dan kadet mesin. Berikut adalah beberapa tugas kadet mesin saat melakukan praktik.

Tugas dan pekerjaan kadet mesin

1. Pekerjaan mandor mesin

Tiga bulan pertama kadet akan mengikuti dan juga belajar tentang pekerjaan dan tanggung jawab dari mandor mesin. Di tiga bulan pertama ini kadet mulai berkenalan dan juga membiasakan diri dengan lingkungan kerja di bagian kamar mesin.

Di sini para kadet akan belajar untuk ikut bekerja dengan mandor mesin seperti mengenal dan melakukan pekerjaan untuk merawat alat-alat yang biasa digunakan seperti melakukan pengelasan, skir klep dan lain sebagainya.

2. Tugas dan tanggung jawab masinis pompa

Di tiga bulan kedua, para kadet mesin akan mengikuti dan juga belajar dengan masinis 4. Di bagian ini para kadet akan belajar mengenal berbagai macam komponen pompa, cara kerja dari pompa tersebut dan juga bagaimana cara perawatannya.

3. Tugas dan tanggung jawab masinis generator

Tiga bulan ketiga, para kadet mesin akan ikut belajar mengenai mesin dengan masinis 3. Di bagian ini para kadet akan belajar mengenai auxiliary engine atau generator serta cara kerja dan perawatan dari generator tersebut. Selain itu para kadet mesin juga akan belajar tentang bagaimana cara menghitung penggunaan bahan bakar untuk mesin.

4. Praktik untuk para kadet

Tiga bulan keempat atau tiga bulan terakhir kadet akan belajar dengan masinis 2. Dalam melakukan praktik wajib berlayar ini, bulan ketiga atau terakhir ini merupakan yang penting bagi para kadet. Para kadet akan belajar mengenai pesawat penggerak utama atau mesin induk. Para kadet akan mempelajari tentang bagaimana cara kerja dan juga perawatannya. Selain itu juga akan mempelajari tentang sistem pelumasannya dan sistem pendingin yang digunakan. Pada bulan ke 10, biasanya kadet mesin akan belajar untuk menyalakan mesin induk saat olah gerak.

Beberapa istilah yang digunakan pada bagian mesin biasanya sudah dipelajari oleh para kadet saat di sekolah. Oleh karena itu penting untuk para kadet mengetahui istilah-istilah dasar tersebut. Hal ini di samping untuk mendapatkan nilai yang bagus juga agar membuat kadet semakin mudah saat melakukan praktik wajib berlayar.

Selain itu praktik wajib ini juga sangat penting karena para kadet bisa belajar secara langsung dari ahlinya. Oleh karena itu ada baiknya untuk selalu membawa buku catatan dan mencatat berbagai macam informasi yang diberikan oleh para kru kapal mulai dari mandor mesin hingga masinis 2.

Demikian adalah artikel mengenai pekerjaan kadet mesin yang sangat berguna untuk Anda yang ingin mencari lowker pelaut.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here