8 Cara Pelaut Mengatasi Mabuk Laut Mereka

0
342
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Cara pelaut mengatasi mabuk laut cukup penting diketahui oleh seorang pelaut diantaranya ada 8 cara yang bisa dilakukan. Penyebab kondisi bisa terjadi karena telinga dalam mengalami gangguan sebab adanya gerakan berulang misalnya sebab naik turunnya kapal di air.

Inilah cara pelaut mengatasi mabuk laut

Umumnya gejala mabuk laut seperti mual, berkeringat, pusing, kram perut hingga muntah.  Mabuk laut bukan saja dialami oleh pelaut pemula tetapi pelaut yang sudah lama pun bisa mengalaminya. Untuk mengatasinya coba ikuti langkah berikut:

  1. Jangan biarkan perut kosong

Usahakan perut tidak kosong selama bekerja sehingga ketika tiba waktu makan, makanlah secukupnya dan tidak berlebihan. Meskipun sedang tidak enak badan namun makan tidak boleh ditinggalkan, usahakan makan dalam segala kondisi meskipun hanya sedikit. Begitu juga, jangan malas untuk sarapan pagi sebab jika perut kosong dan kencangnya terpaan angin laut bisa memicu timbulnya rasa mual, badan juga kurang nyaman.

2. Berpikir positif

Tips mengatasi mabuk laut juga bisa dengan tenangkan hati dan serahkan kepada Tuhan  sehingga pikiran positif selalu dilayangkan meskipun saat itu cuaca sedang ekstrem. Apalagi saat kapal dihempas oleh ombak akan berpengaruh pada psikis saat berlayar. Sehingga rangsang pikiran dengan hal-hal yang baik dan indah akan diperoleh nantinya.

3. Minum minuman hangat

Minuman hangat yang bisa dikonsumsi contohnya teh hangat atau air jahe agar mual dan pusing tersebut bisa hilang. Perlu dihindari mengonsumsi minuman hangat yang memiliki kandungan alkohol.

4. Konsumsi obat anti mabuk

Obat mabuk bukan saja diperlukan  bagi seseorang yang mabuk darat tetapi juga dibutuhkan oleh siapa saja yang mabuk laut yang tujuannya untuk menghindari kejadian mabuk laut. Bagi yang tidak bisa minum obat mabuk namun memiliki riwayat mabuk sebaiknya jangan mendaftar lowker abk pelaut.

5. Istirahat di bagian tengah kabin

Kabin bagian tengah memiliki guncangan yang tidak terlalu berat daripada bagian atas kapal. Sehingga bagi yang memiliki riwayat mabuk kapal laut, bisa beristirahat di mess room tersebut serta tidak melakukan aktivitas yang membutuhkan fokus tinggi.

6. Pakai pakaian hangat

Pakaian hangat berfungsi menghangatkan tubuh dan kencangnya terpaan angin bisa diminimalisir dengan pakaian tersebut. Misalnya gunakan jaket atau pakaian tebal untuk menangkis angin sebab jika tubuh sudah kelebihan dimasuki angin bisa memicu gejala mual dan muntah.

7. Istirahat yang cukup

Ini sangat penting dilakukan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu sehat dan segar. Selain itu, menjaga agar tubuh bekerja sesuai kemampuannya dan jangan dipaksakan apalagi saat lelah datang. Tips-tips ini perlu diketahui oleh seseorang yang ingin mendaftar lowongan pelaut.

8. Hirup udara segar

Salah satu cara menjaga kondisi tubuh agar selalu fit ialah menghirup sebanyaknya udara segar. Manfaat yang didapatkan tubuh yaitu membuat pikiran tenang, rileks dan santai selama perjalanan. Khususnya bagi yang memiliki riwayat mabuk laut sangat tidak disarankan untuk berada di ruangan dengan sirkulasi udara minim.

Sekian artikel tentang 8 cara pelaut mengatasi mabuk laut yang bisa dilakukan, selamat mencoba.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here