8 Tips Mudah Mengikuti Tes Lowongan Kerja Pelaut

0
470
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Bekerja di kapal pesiar menjadi mimpi banyak orang sehingga saat adanya lowongan kerja pelaut, perlu langkah tertentu untuk mempersiapkan berbagai hal yang dibutuhkan. Tentu saja ada beberapa bidang pekerjaan di kapal pesiar dan para karyawan tersebut wajib tanda tangan kontrak jika ingin bekerja.

Mau coba lowongan kerja pelaut? Ikuti 8 langkah sukses berikut!

Bagi yang sedang mencari lowongan kerja atau ingin menjadi bagian dari pekerjaan pelaut, ikuti tips berikut untuk memudahkan mengikuti tes:

  1. Pastikan apakah benar ingin bekerja di kapal pesiar atau tidak

Sebelum  mengajukan lowongan tentunya dipikir dulu apakah benar ingin menjadi bagian dari pelaut atau kapal pesiar. Jika memiliki riwayat mabuk  laut sebaiknya jangan mendaftar di lowongan kerja pelaut sebab kapal pesiar bukan lingkungan yang bagus untuk orang mabuk laut.

Ketahui juga bahwa awak kapal pesiar bisa bekerja 7 hari dalam seminggu meskipun dengan jam kerja yang bervariasi, namun hal ini juga harus dipertimbangkan. Pastikan juga apakah bisa bekerja selama berbulan-bulan meskipun tanpa adanya komunikasi dengan lingkungan luar misalnya keluarga atau teman. Jika tidak bisa dalam hal ini, sebaiknya jangan melamar loker pelaut.

2. Ketahui bagaimana kerjanya kapal pesiar

Awak kapal pesiar sering berinteraksi dengan penumpang saat bekerja bahkan bisa juga saat jam kerja tidak berlangsung. Awak kapal juga diberikan kamar tidur masing-masing meskipun ada juga yang tidur sekamar dengan karyawan yang lain. tergantung jenis kapal dan bidang pekerjaan yang digeluti. Karyawan tingkat rendah biasanya tinggal di bawah dek kapal serta waktu kerja yang lebih banyak, bahkan ada yang tidak diizinkan untuk melakukan perjalanan wisata.

3. Cari tahu lowongan pekerjaan

Saat ini untuk mengetahui apakah ada lowongan pelaut yang sedang dibuka bisa mengunjungi situs dari website perusahaan kapal pesiar. Ketahuilah bahwa tidak sedikit orang yang akan mengambil lowongan pekerjaan tersebut, sehingga ketahui banyak lowongan agar peluang bisa lewat pun tinggi.

4. Buat cv sesuai kapal pesiar yang diinginkan

Sebelum mendaftar jadi pelaut, tentunya disediakan CV terlebih dulu yang dibuat sesuai kapal pesiar yang ditargetkan. Ikuti pedoman agar peluang diterima lebih tinggi. CV tersebut dibuat dalam file word, PDF atau rich text format dengan ukuran huruf 10 pt sebanyak  1 hingga 2 halaman. Juga dilengkapi dengan daftar pengalaman kerja yang dimiliki dari yang paling terakhir.

Sedangkan daftar riwayat pendidikan dimulai dari yang paling tinggi. selanjutnya buat daftar bahasa yang dikuasai lengkap dengan tingkat penguasaannya. Lengkapi dengan skill yang dimiliki, sertakan foto diri dan lengkapi juga dari penilaian orang lain terhadap kemampuan yang dimiliki.

5. Buat surat lamaran yang meyakinkan

Buat surat lamaran job pelaut yang di dalamnya berisi berbagai data untuk menunjukkan bahwa cocok bekerja sesuai bidang yang diinginkan.

6. Ajukan ke beberapa perusahaan kapal pesiar

Lamaran diajukan untuk 3 perusahaan kapal pesiar besar dan perusahaan kecil berguna jika tidak diterima di salah satunya bisa berharap di perusahaan lainnya.

7. Hubungi jasa penyaluran tenaga kerja atau situs web untuk lowongan kapal pesiar

Ini dilakukan jika kesulitan mendapatkan lowongan pekerjaan dan situs tersebut akan memungut biaya. Agar tidak terjadi penipuan cek dulu keaslian dan apakah situs tersebut bisa dipercaya.

8. Hubungi bagian yang merekrut tenaga kerja

Ini dilakukan jika ada masalah dengan resume atau CV yang telah diajukan. Guna memperbaiki resume dan meminta bidang pekerjaan lain jika diinginkan. Sekian artikel tentang 8 langkah yang bisa dilakukan jika ingin melamar lowongan kerja pelaut. Semoga bermanfaat.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here