Tugas dan Tanggung Jawab Pekerjaan Perwira Deck

0
470
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Memiliki pekerjaan perwira deck memang menjadi hal yang membanggakan untuk beberapa orang. Sesuai dengan namanya, pekerjaan ini memiliki tugas utamanya di bagian deck kapal. Akan tetapi pekerjaan atau posisi perwira deck ini ternyata terdiri dari 3 orang, yaitu mualim 1 atau chief officer, mualim 2 atau second officer dan mualim 3 atau third officer. Berikut adalah tugas perwira deck yang mungkin berguna untuk Anda yang sedang mencari lowker pelaut.

Daftar tugas pekerjaan perwira deck

  1. Mualim 1 atau chief officer

Mualim 1 atau yang juga disebut chief officer ini merupakan senior perwira deck. Tugas dan tanggung jawabnya adalah untuk melakukan dinas dan juga bertanggung jawab terhadap nakhoda. Mualim 1 ini juga bertugas menggantikan nakhoda jika berhalangan hadir dan melakukan administrasi yang berhubungan dengan muatan.

Mualim 1 ini dapat dikatakan senior dalam perwira deck dikarenakan sudah melewati waktu yang cukup lama untuk menjadi mualim, setidaknya satu tahun dalam hal calon perwira dan pengalamannya 3 hingga 4 tahun dalam kapal yang sama atau berbeda dengan jabatan mualim 1.

Kemudian pengalaman 4 sampai 5 tahun sebagai mualim 2 dan bisa dipromosikan untuk menjadi mualim 1. Mualim 1 ini juga memiliki jam dinas untuk jaga mulai dari jam 4 pagi hingga 8 pagi dan mulai jam 4 sore hingga 8 malam.

2. Mualim 2 atau second officer

Mualim 2 atau second officer memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab, diantaranya:

  • Mengoreksi atau memelihara peta laut dan juga melakukan update publikasi pelayaran.
  • Melakukan dinas jaga dan bertanggung jawab terhadap nakhoda.
  • Membuat noon report.
  • Mualim 2 selain disebut dengan second officer, juga sering disebut dengan perwira navigasi. Oleh karena itu juga bertanggung jawab terhadap memelihara atau perawatan kelengkapan dan perlengkapan alat navigasi yang juga termasuk lampu-lampu navigasi.

Sama seperti mualim 1, second officer ini juga memiliki jam untuk melakukan dinas yaitu di jam 12 siang hingga 4 sore dan jam 12 malam hingga 4 pagi.

3. Mualim 3

Mualim atau third officer memiliki beberapa tugas perwira deck diantaranya seperti:

  • Menjaga dan memelihara kelengkapan dan peralatan keselamatan seperti liferafts, lifebuoys, lifejackets, lifeboats dan lain sebagainya.
  • Melakukan dinas jaga dan bertanggung jawab kepada nakhoda.
  • Membuat laporan ship condition berangkat dan tiba.
  • Memelihara beberapa kelengkapan bendera.

Mualim 3 ini memiliki jam dinas untuk berjaga mulai dari jam 8 pagi hingga 12 siang dan jam 8 malam hingga 12 malam.

Demikian adalah beberapa pekerjaan perwira deck yang mungkin berguna untuk Anda yang ingin menjadi mualim 3 hingga mualim 1. Semoga membantu khususnya bagi Anda yang ingin melamar pekerjaan sebagai perwira deck.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here