Surat Izin Hot Work Bagi Tenaga di Bidang Perkapalan/Kelautan

0
209
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Surat izin hot work ini adalah surat yang dimiliki oleh seseorang yang terlibat dengan pekerjaan berisiko tinggi. Sesuai dengan namanya hot work sendiri memang memiliki artian pekerjaan yang panas dimana pengguna terlibat dalam hal pemanasan sampai pemotongan. Surat ini berguna untuk perizinan praktik kerja dari pemiliknya dan biasanya juga dibutuhkan saat Anda bekerja sebagai pelaut atau di bidang perkapalan.

Hal-hal yang dibutuhkan untuk mengurus surat izin hot work

  1. Ruang tertutup

Hal yang perlu diperhatikan untuk mengajukan surat ini adalah perihal ruang tertutup. Pekerjaan panas harus dilakukan pada ruangan yang tertutup, ketika pekerjaan Anda menerapkan ruangan ini maka perizinan bisa dengan mudah diterima. Namun tentunya ada beberapa poin yang perlu dipatuhi ketika bekerja panas pada ruang tertutup sebagai berikut:

  • Kadar gas yang berada dalam ruangan tersebut sudah harus melewati proses pengetesan dengan alat yang terpercaya dengan hasil yang aman.
  • Ruangan yang digunakan untuk bekerja panas sudah dilakukan freegas.

2. Penanggung jawab dan pengawas

Hal kedua yang harus diperhatikan untuk mendapatkan Sertifikat pelaut adalah perihal penanggung jawab dan pengawasan di lingkungan kerja. Kedua hal ini memang cukup krusial ada pada pekerjaan panas untuk memantau semua pekerjaan agar selalu aman baik untuk hasil kerja atau pekerja yang melakukannya.

Pekerja wajib melampirkan nama lengkap dengan gelar orang yang menempati posisi penanggung jawab dan pengawas tersebut. Hal tersebut bisa menjadi poin tambahan untuk bisa mendapatkan sertifikat tersebut.

3. Personil kerja

Dalam bagian ini pekerja harus menjelaskan secara detail personil atau pekerja yang terlibat pada proses pekerjaan tersebut. Jelaskan secara detail berapa banyak jumlah orang yang bekerja lengkap dengan jabatannya. Uraikan dalam surat permohonan Anda untuk mempertegas keadaan lokasi pekerjaan yang dimaksudkan.

4. Jenis pekerjaan

Poin selanjutnya yang wajib dipahami oleh pengguna yang tertarik dengan lowker pelaut adalah menjelaskan jenis pekerjaan panas yang dilakukan. Jelaskan dengan detail jenis pekerjaan panas apa yang sedang menjadi profesi pengguna saat ini. Dengan begitu petugas bisa memperkirakan seberapa besar kesulitan dan risiko yang dilalui oleh pekerjanya.

Petugas juga bisa membayangkan lokasi pekerjaan lengkap dengan material apa yang digunakan pekerja untuk menyelesaikan pekerjaannya setiap hari. Lebih detail penjelasan jenis pekerjaan ini tentunya semakin bagus untuk mendapatkan surat yang dimaksud.

5. Lokasi pekerjaan

Pada bagian yang ini merupakan bagian yang paling krusial dan harus dijelaskan dengan cukup detail. Jelaskan secara lengkap ruangan apa saja yang ada pada lingkungan kerja tersebut. Uraikan secara lengkap berapa banyak ruangan yang dimaksud tersebut.

Hal ini akan membantu petugas untuk membayangkan lingkungan pekerjaan panas yang dimaksud sebagai bahan pertimbangan keamanan dan risikonya. Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan surat izin hot work yang penting untuk didapatkan.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here