Waspada Ternyata Begini Ciri Mesin Kapal Rusak Dan Harus Segera Diperbaiki

0
30
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Untuk melihat ciri mesin kapal rusak terdapat beberapa cara yang dapat diperhatikan sebagai identifikasi. Apabila pelaut sudah memahami adanya tanda-tanda kerusakan mesin kapal. Maka, akan lebih mudah bagi pelaut untuk memperbaiki bagian mesin kapal yang mengalami kerusakan supaya tidak menimbulkan bahaya pelayaran.

Waspada Ternyata Begini Ciri Mesin Kapal Rusak Dan Harus Segera Diperbaiki

  1. Muncul Bau

Indikasi ketika mesin kapal mengalami kerusakan bisa mendeteksi menggunakan indera. Jika muncul bau tidak normal di bagian mesin ataupun sistem kapal biasanya dikarenakan minyak bocor, dampak dari suhu tinggi, api dan lain sebagainya. Selain itu, dengan adanya kebocoran uap biasanya juga akan memunculkan baut dan menjadi pertanda mesin kurang baik.

  1. Kebocoran

Kebocoran akan berdampak terhadap sistem pipa ataupun kerusakan pada mesin. Cara untuk mengidentifikasinya pun sangat mudah dan pastikan sebagai pelaut tidak mengabaikan jika kondisi kapal mengalami kebocoran. Hal ini bisa menyebabkan kebakaran, tumpahan, air masuk ke dalam kapal ataupun menimbulkan kecelakaan besar.

  1. Alarm

Pada setiap kapal yang digunakan untuk berlayar pasti memiliki alarm sebagai penunjuk adanya masalah di dalam kapal. Pemasangan dari alarm ini memiliki tujuan guna identifikasi terhadap kesalahan atau kerusakan pada mesin.

  1. Suara Tidak Normal

Suara menjadi petunjuk utama sebagai faktor timbulnya kerusakan di bagian mesin kapal. Pada kondisi seperti ini harus menjadi perhatian lebih para pelaut supaya bisa segera melakukan perbaikan terhadap mesin kapal.

Sebagai seorang pelaut harus bisa membedakan mana suara normal dan tidak normal di bagian mesin. Bagi para pelaut yang sudah berpengalaman tentunya hal ini sudah dipahami sejak mendaftarkan lower pelaut.

  1. Getaran Tinggi

Jika timbul getaran yang cukup tinggi pada sistem mesin, maka perlu dilakukan pemeliharaan guna memastikan semua baut telah terpasang dengan benar. Sebab, pada setiap mesin mempunyai frekuensinya masing-masing untuk menghasilkan getaran.

Sehingga perlu dilakukan pelacakan terlebih dahulu pada setiap getaran yang ditimbulkan di dalam kapal. Perubahan terhadap getaran sangat mudah untuk dirasakan sehingga pastikan tidak mengabaikan pertanda ini.

  1. Muncul Asap

Ruang bakar yang ada pada mesin memiliki kinerja dengan cara memastikannya melihat asap pembuangan mulai dari kepadatan dan warna. Langkah ini harus dilakukan pemantauan dengan pasti supaya bisa mengetahui bagaimana proses pembakaran yang ada di mesin kapal.

Jika memunculkan asap hitam bisa menjadi pertanda adanya masalah di bagian injeksi bahan bakar yang kurang baik. Sementara itu, jika menunjukkan asap putih artinya air masuk pada bahan bakar.

  1. Parameter Abnormal

Bagaimana ciri mesin kapal rusak bisa dengan melihat parameter atau normal. Pelaut harus melakukan pelacakan terhadap parameter mesin yang ada di dalam kapal secara keseluruhan.

Setelah itu, silakan bandingkan terlebih dahulu dengan bacaan yang ada di dalam buku catatan. Ketika sedang melakukan perputaran, adanya penyimpanan yang ada pada parameter ini harus menjadi perhatian dengan cepat supaya bisa mengambil langkah untuk investigasi dan perbaikan.

Itulah beberapa ciri mesin kapal rusak yang dapat dilakukan oleh pelaut ketika berlayar. Mengetahui tanda-tanda timbulnya masalah pada mesin kapal menjadi suatu hal penting supaya tidak menimbulkan bahaya.

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here