Tugas dan Tanggung Jawab Pekerjaan Rating Kapal

0
1051
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Pekerjaan rating kapal berbeda dengan perwira. Rating kapal sendiri merupakan jabatan pendukung kapal atau bawahan. Ada juga yang menyebut rating sebagai ABK. Rating dalam kapal sendiri dibagi menjadi 3 tipe rating kapal berdasarkan tempat bekerjanya. Pertama adalah rating deck yang bertugas di deck department pada kapal. Rating deck ini juga terdiri dari 4 jabatan yaitu juru mudi, bosun, mistri, dan kelasi.

Kedua adalah deck engine yang bekerja di bagian engine department atau kamar kapal. Rating deck ini juga dibagi menjadi 4 jabatan yaitu mandor, oiler, fitter dan wiper. Terakhir adalah rating catering yang bekerja di dapur atau bekerja untuk memasak di atas kapal. Rating catering ini dibagi menjadi 3 jabatan yaitu cook, chief cook dan messboy.

Inilah tugas dan tanggung jawab pekerjaan rating kapal

  1. Rating deck

Dalam rating deck yang pertama adalah bosun yakni kepala kerja ABK deck yang juga menjadi rating yang cukup berpengalaman. Bosun ini bekerja secara langsung di bawah arahan dari chief officer dimana bosun ini juga sudah melewati pekerjaan seperti juru mudi. Selanjutnya ada mistri yang merupakan ABK deck dengan pekerjaan seperti sounding tangki-tangki, air ballast, air tawar.

Sama halnya dengan bosun, mistri ini bekerja di bawah arahan dari chief officer. Ketiga adalah juru mudi yang merupakan rating yang ikut dinas jaga dan kerja harian di bawah bosun. Terakhir ada kelasi adalah pelaut pemula yang juga ikut kerja harian dengan bosun.

2. Rating engine

Dalam rating engine yang pertama ada mandor yang merupakan rating yang sudah berpengalaman dalam bekerja di bidang mesin kapal. Mandor ini bekerja secara langsung dari arahan second engineer.

Dimana mandor ini sudah pasti pernah melakukan pekerjaan dengan jabatan dibawahnya seperti oiler dan wiper. Mandor disini bertugas untuk memberikan tugas, mengarahkan dan memeriksa bawahannya.

Kedua adalah fitter yang merupakan ABK engine yang tugasnya berhubungan dengan las-mengelas. Ketiga ada juru minyak atau oiler yang tugasnya melakukan dinas jaga. Selain itu, oiler juga ikut kerja harian di bawah mandor. Terakhir ada wiper yang merupakan pelaut pemula. Sama halnya dengan oiller, wiper ini juga mengikuti kerja harian di bawah tanggung jawab mandor.

3. Rating catering

Dalam rating catering atau di bagian dapur terdapat chief cook yang menjadi kepala koki. Koki tersebut merupakan orang yang sudah berpengalaman di bidangnya. Tugas dan tanggung jawabnya adalah untuk menyiapkan makanan bagi kru yang lain. Koki kepala juga membawahi pelayan dan koki dua. Pekerjaan koki ini dibawahi secara langsung oleh nakhoda atau perwira.

Demikian adalah artikel mengenai pekerjaan rating kapal yang mungkin perlu Anda ketahui jika sedang mencari lowker pelaut.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here