Jenis Sertifikat Pelaut Yang Penting Untuk Menunjukkan Keahlianmu

0
901
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Untuk menjadi pelaut ternyata memenuhi syaratnya saja tidak cukup karena harus mendapatkan sertifikat pelaut. Perlu dipahami untuk bisa mendapatkan sertifikat ini pelaut harus memiliki keahlian khusus yang diakui di dalamnya. Sertifikat ini jenisnya cukup banyak jadi pencariannya juga tidak bisa langsung instan.

Jenis Sertifikat Pelaut Yang Penting Untuk Menunjukkan Keahlianmu

  1. Jenis kapal

Merujuk peraturan baru bagi pelaut yang wajib memiliki sertifikat untuk pelayaran maka mereka diharapkan untuk selalu belajar. Hal ini berkaitan dengan tingkatan dan jenis kapal yang menjadi wewenang. Sertifikat pertama yang bisa dicari adalah berkaitan dengan jenis kapal.

Jenisnya termasuk cukup banyak Anda bisa mendapatkan satu atau bahkan lebih ketika memungkinkan. Sertifikat yang dimaksud berupa ACT, ALGT, AOT, BLGT dan BOCT. Masing-masing sertifikat ini menggambarkan jenis kapal yang bisa dikemudikan oleh pelaut terkait.

  1. Ketrampilan kompetensi

Selain sertifikat di atas yang kedua ada jenis ketrampilan kompetensi. Untuk Anda yang ingin menambah sertifikat pelaut terbaru bisa mencarinya. Sertifikat ini digunakan untuk merujuk atau membuat pelaut lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Semakin banyak skill yang dimiliki maka lowongannya bisa semakin mudah.

Sertifikat ini jenisnya juga cukup banyak sesuai dengan keahlian yang dimiliki oleh pelautnya. Adapun jenisnya untuk sertifikat ini berupa SSO, ERM, BRM, GMDSS, ECIDS dan ARPA serta ada Radar Simulator. Ada poin plus ketika pelaut memiliki banyak jenis dari sertifikat yang satu ini.

  1. Ketrampilan tambahan

Jenis dari sertifikat berikutnya yang bisa didapatkan oleh seorang pelaut adalah terkait ketrampilan tambahan. Anda mendapatkan peluang lebih banyak dan banyak dibutuhkan untuk perusahaan terkait. Adapun sertifikat yang dimaksud dalam hal ini berupa SDSD, SAT, MC, MFA, AFF dan SCRB.

Pelaut bisa belajar banyak hal ketika mendapatkan sertifikat ini sekaligus untuk pengalaman mereka seumur hidup. Materi yang didapatkan seputar medical care, security dan pengawasan. Sehingga memiliki bekal lebih siap ketika berada di atas kapal bersama awak lainnya.

  1. Basic trainning

Sesuai dengan namanya sertifikat yang satu ini memang harus atau penting dimiliki pada awal lowker pelaut. Sertifikat ini memiliki fungsi atau kriteria penting dalam proses kenaikan jabatan seorang pelaut. Anda bisa melampirkan sertifikat penting ini untuk menuju tahap berikutnya.

Sertifikat ini juga memuat banyak hal penting di dalamnya seperti keselamatan diri dan tanggung jawab. Kemudian ada P3K atau penyelamatan pertama ketika ada kecelakaan. Selanjutnya pencegahan dan penanggulangan kebakaran. Berikutnya juga ada teknik penyelamatan diri yang penting.

Dalam hal ini untuk mencari sertifikat pelaut ini penting hukumnya bagi pelaut. Jadi Anda diharapkan untuk selalu haus ilmu dan tidak lelah untuk belajar. Sertifikat sebagai tanda pelaut menguasai skill tertentu selama masa jabatan.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here