Keadaan yang Bisa Mengakibatkan Kecelakaan Kapal Dalam Pelayaran

0
728
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Salah satu hal yang tidak diinginkan dalam mengoperasikan kapal adalah terjadinya kecelakaan kapal. Untuk penanganannya ternyata memiliki aturan dan strukturnya sendiri sehingga membuatnya lebih cepat. Kecelakaan ini berbeda tentunya dengan kecelakaan biasanya karena terjadinya di laut. Proses pertolongan yang dilakukan juga cukup disiplin agar bisa selamat.

Keadaan yang Bisa Mengakibatkan Kecelakaan Kapal Dalam Pelayaran

  1. Jika diakibatkan karena tubrukan atau perang

Beberapa kecelakaan yang terjadi pada kapal bisa disebabkan oleh beberapa macam sebab. Sehingga penanganannya juga mengikuti dari sebab yang diberikan tersebut agar tidak salah langkah. Hal ini sudah diatur sedemikian rupa dan tidak boleh dilanggar tentunya.

Sebab pertama biasanya kondisi yang terjadi disebabkan karena terjadinya tubrukan dengan kapal lain atau peperangan. Maka yang bertanggung jawab dalam hal ini adalah Menteri Perhubungan dan langsung menindak lanjuti hal tersebut. Kapal yang ada bisa dibawa pulang atau tindakan lain yang merujuk keamanannya.

  1. Jika ada kapal lain yang terlibat dalam kecelakaan

Kemungkinan kedua yang terjadi dalam mekanisme kecelakaan kapal ini adalah terjadinya kecelakaan antara dua kapal atau lebih. Umumnya hal ini bisa terjadi secara tidak sengaja atau faktor cuaca juga. Sehingga kapal kehilangan kendali dan saling menabrak.

Hanya saja jika kapal yang bertabrakan melibatkan kapal dari negara lain atau kapal perang maka pengurusannya akan berbeda. Berlaku untuk kejadian kecelakaan yang terjadi baik di luar negara bagian ataupun di dalamnya. Yang bertanggung jawab dalam hal ini adalah instansi yang bertanggung jawab pada kapalnya.

  1. Jika terjadi di luar perairan Indonesia

Kemungkinan ketiga terhadap kecelakaan dari kapal yang terjadi adalah jika kapal mengalami musibah di luar perairan Indonesia. Maka pihak Indonesia harus melakukan pelaporan mengenai kecelakaan yang terjadi. Kemudian syahbandar terkait bisa mengurus mengenai kecelakaan tersebut.

Intinya ada perwakilan dari negara Indonesia yang berada di negara tempat kecelakaan laut terjadi. Sehingga penanganan yang dilakukan bisa semakin cepat tanpa menunggu proses panjang.

  1. Jika kecelakaan terjadi di wilayah perairan Indonesia

Kemungkinan keempat yang perlu dipahami dalam lowker pelaut ini adalah ketika kecelakaan terjadi di wilayah perairan Indonesia. Dikarenakan masuk ke dalam wilayah sendiri sehingga penanganannya akan lebih mudah dan cepat. Penanganan menjadi tanggung jawab dari pejabat pemerintah yang berwenang.

Biasanya dirujukkan juga pada syahbandar atau Menteri Perhubungan yang sedang bertugas kala itu. Sehingga kecelakaan yang terjadi bisa segera diproses dengan mudah tanpa menunggu lama.

Kecelakaan kapal adalah salah satu kejadian yang paling tidak diinginkan ketika sedang mengemudi kapal di laut. Namun hal yang satu ini bisa dihindari dengan proses pengecekan mesin dan antisipasi lain yang mendukung. Sehingga seluruh awak kapal yang ada di dalamnya bisa berlayar dengan selamat.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here