Ketahui Langkah Yang Harus Dilakukan untuk Mendapatkan Yellow Fever Pelaut

0
200
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Seorang pelaut atau yang bekerja di pelayaran sudah sepantasnya memiliki buku Yellow fever pelaut, sebagai bukti kesehatan dari penyakit yellow fever tersebut.

Di beberapa perusahaan internasional juga memberikan syarat untuk pembuatan yellow fever ini jika akan mengunjungi sebuah Negara. Justru peraturan tersebut pun diajukan oleh Negara yang akan dikunjungi.

Sebenarnya yellow fever ini bukan hanya diperuntukkan untuk para pelaut saja, melainkan untuk para traveller juga. Namun, memang yellow fever book ini dikhususkan bagi para pekerja di laut yang memang sudah pasti melakukan perjalanan ke banyak tempat di seluruh dunia.

Ketahui Langkah Yang Harus Dilakukan Untuk Mendapatkan Yellow Fever Pelaut

Yellow fever sebenarnya adalah sebuah vaksin  yang direkomendasikan untuk perjalanan internasional ke luar negeri. Walaupun belum pernah ditemui jenis penyakitnya di Indonesia, sebagai seorang pelaut yang seau melakukan perjalanan jauh termasuk perjalanan internasional diwajibkan melakukan vaksin ini hingga membuat yellow fever book. 

Dalam pembuatan yellow fever book ini pasti memiliki masa berlakunya. Dan untuk  masa berlaku yellow fever ini adalah seumur hidup yang mengalami perubahan dari sebelumnya hanya selama 10 tahun. Namun, semua itu tergantung situasi dan kondisi yang berlaku. Jika Negara yang dituju ataupun dokter sebagai pemeriksa menyarankan untuk memeriksakan kembali bukan tidak mungkin harus dibuat kembali.

Membuat sertifikat atau buku yellow fever ini dapat dilakukan oleh seorang pelaut di KKP di tempatnya masing-masing. Bagaimana cara pembuatannya, yaitu sebagai berikut :

1. Datang KKP

Semua yang punya rencana untuk melakukan vaksin yellow fever ini pasti sudah mencari tahu kemana harus datang, yaitu datanglah ke KKP terdekat yang berada di sekitar tempat tinggal. 

2. Pendaftaran

Begitu datang ke KKP diharuskan mendaftar terlebih dulu dengan membayar biaya pendaftaran sebesar 5 ribu rupiah.

3. Wawancara

Setelah melalui proses pendaftaran kamu akan menunggu giliran untuk dipanggil dan akan melakukan proses wawancara. Sudah bisa dibayangkan, tujuan dari wawancara tersebut adalah untuk mengetahui kemana tujuanmu dan apa avasanmu untuk meakukan perjaanan tersebut. Saah satunya adaah dikhususkan untuk menjalani lowongan pelaut itu. Kalau hasil wawancaramu memuaskan sudah pasti akan diloloskan untuk melakukan vaksin ini.

4. Peaksanaan Vaksin

Sudah bisa diperkirakan langkah selanjutnya adalah pelaksanaannya, dan semua peserta akan diberikan sesuai dengan ketentuan yang sudah diberikan oleh KKP.

5. Pembayaran

Karena memang vaksin ini adalah vaksin berbayar, sudah pasti tahap selanjutnya adalah membayar di loket pembayaran.

6. Pembuatan yellow book

Yang pada akhirnya dituju akhirnya terlaksana, begitu semua tahap selesai dan pembayaran sudah dilakukan maka otomatis yellow fever book  langsung dibuat dan siap untuk dimiliki.

Jangan lupa jika masa berlaku sudah habis, atau memang dikondisikan untuk melakukan ulang yellow fever ini, maka si pembuat harus melakukan perpanjangan yellow fever tersebut.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here