Komponen-komponen Survey Peralatan Keselamatan di Kapal

0
361
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Pelaut juga perlu melalukan survey peralatan keselamatan. Hal ini berguna untuk memperkuat pertolongan yang bisa dilakukan ketika mesin kapal dalam masalah.

Komponen survey peralatan keselamatan yang perlu dilakukan

  1. Periksa bagian lifetraft tiup

Survey yang pertama bisa dilakukan dengan memeriksa pada bagian lifetraft tiup. Pelaut wajib melalukan pemeriksaan mendetail pada bagian yang satu ini terlebih jika lifetraftnya telah mengalami servis berulang kali. Periksa juga perlengkapan yang ada pada komponen tersebut. Jika dirasa memerlukan penggantian maka lebih baik diganti.

Pada umumnya bagian stickers di dalam lifetraft inilah yang membutuhkan pengantian karena warnanya yang cepat memudar. Terlebih jika terkena perubahan cuaca yang cukup ekstrem. Perawatan yang bisa dilakukan adalah dengan melumasi derek balok dengan pengecatan ulang lalu mengeringkannya.

2. Periksa bagian davits

Tugas pelaut berikutnya adalah melakukan pemeriksaan pada bagian Davits. Bagian Sekoci Davits ini memerlukan perawatan yang intensif terkait dengan penghilangan karat kemudian harus dicat ulang untuk mempertajam warnanya. Lumasi juga bagian derek dan juga baloknya.

3. Periksa bagian sekoci

Kemudian pelaut juga harus mengecek pada bagian sekoci lengkap dengan perlengkapan yang ada di dalamnya. Dalam pemeriksaan sekoci ini membutuhkan beberapa awak kapal yang harus bekerja sama untuk memasang dan memperbaiki bagian-bagian yang membutuhkan di dalam sekocinya.

Pemeriksaan sekoci ini bisa dilakukan dengan gerakan dari depan menuju ke belakang. Jika pun harus mengalami perombakan maka harus tetap dilakukan sesuai dengan kebutuhannya saja.

4. Periksa bagian pyrotechnics

Pilahlah pyrotechnics yang masih berfungsi dan yang sudah tidak berfungsi kemudian lakukan penggantian untuk yang tidak berfungsi. Sebagai pelamar lowker pelaut juga harus mengerti dimana peletakan bagian ini dan juga penyimpanannya. Semua awak harus bekerja sama untuk memperbaiki apa yang harus diperbaiki.

5. Periksa bagian lifejackets

Bagian yang krusial selanjutnya dan memerlukan pengecekan adalah Lifejackets. Dalam hal ini pelaut juga harus memastikan lampu yang terpasang pada bagian komponen ini. Gantilah lampu yang sudah tidak berfungsi dengan yang baru agar tidak gelap.

Pelaut juga harus terlatih dengan menggunakan jaket pelampung dan melepasnya dalam waktu yang disarankan sebelumnya. Ukuran jaketnya juga harus disesuaikan dengan kondisi di lapangan sehingga tetap berfungsi dengan baik untuk semua awak yang membutuhkan.

6. Periksa bagian radio, sinyal dan lifebuoys

Semua komponen di atas harus berfungsi dengan baik karena saling mempengaruhi satu dengan lainnya terlebih untuk menyampaikan kabar pada radar. Jika tidak berfungsi dengan baik lebih baik diservis terlebih dahulu karena mengingat fungsinya yang cukup krusial terlebih saat terjadinya bahaya yang mengintai kapal.

Pemeriksaan lain juga harus dilakukan untuk pengadaan pelampung dan kondisinya agar bisa diganti dengan yang baru ketika sudah tidak layak untuk digunakan. Itulah beberapa hal terkait dengan survey peralatan keselamatan yang perlu dipelajari. Semoga bermanfaat.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here