Mengenal Bagian Engine Room Kapal Bagi Pelaut

0
553
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Engine room kapal adalah ruangan yang berisikan pemasangan mesin-mesin penting pada kapal dengan fungsi yang berbeda-beda. Ruangan ini adalah ruangan paling penting dan menjadi sumber kehidupan bagi kapal. Sehingga persiapannya harus benar-benar untuk menjaga keselamatan dalam pelayaran kapal.

Mengenal bagian engine room kapal

  1. Workshop

Bagian pertama dari ruang mesin ini adalah workshop. Ditinjau dari namanya ruangan ini memang memiliki fungsi untuk bengkel yang siap sedia untuk membenarkan mesin kapal yang bisa saja rusak sewaktu-waktu. Isinya tentu saja berkaitan dengan peralatan yang berguna untuk membenarkan kerusakan pada mesin kapal.

Peralatan tersebut contohnya adalah mesin bubut, bor mesin duduk, kunci-kunci penting, meja kerja dan peralatan kecil lainnya. Semua hal mulai dari yang paling kecil dan besar tidak boleh terlewat untuk dibawa saat berlayar. Peralatan dan kunci yang dibawa ini berguna untuk melancarkan proses servis pada mesin kapal.

Semua tim yang bekerja di dalam kapal sebagai tim bengkel harus kompak dan bekerja secara cepat untuk membenahi mesin yang membutuhkan perbaikan. Tim juga harus sigap dalam membereskan benda-benda kecil pada tempatnya agar ketika nanti dibutuhkan mudah untuk dicari.

2. Auxiliry Machinery

Tugas pelaut selanjutnya adalah mengetahui fungsi dari bagian auxiliry machine pada ruang mesin. Pada bagian ini berfungsi untuk menunjang kinerja dari mesin induk agar selalu lancar. Bagian terpenting dari auxiliry itu sendiri adalah pompa yang bekerja untuk banyak arah.

Pompa yang dimaksud bisa untuk memindahkan fluida baik dalam bentuk cair, bubur maupun gas dengan memanfaatkan mekanisme kerja. Pompa juga digunakan untuk proses pendingin, transfer bahan bakar, sirkulasi udara, pemadam kebakaran dan banyak fungsi lainnya.

3. Auxiliry Engine

Bagian berikutnya dari ruang mesin ini adalah auxiliry engine. Berbeda dengan bagian machinery untuk engine sendiri bekerja khusus dalam penghasilan kelistrikan. Gerakannya memanfaatkan generator untuk membuat tenaga listrik itu sendiri. Tenaga ini digunakan untuk memasok kebutuhan listrik termasuk sebagai fungsi penerangannya.

Pada umumnya bagian ini harus ada sejumlah dua unit untuk satu kapal. Namun kapal boleh saja memiliki lebih dari dua jenis tetapi tidak boleh kurang. Hal ini digunakan untuk cadangan dimana ketika kapal memiliki dua unit jika satunya rusak bisa menggunakan yang lainnya.

4. Main Engine

Sebelum melamar lowker pelaut seorang pelamar harus tahu bagian main engine yang satu ini. Pada bagian ini memiliki tugas untuk mengubah panas menjadi tenaga mekanik dengan memanfaatkan baling-baling dan gerakan maju mundurnya. Jumlah yang harus dimiliki umunya dua unit.

Hanya saja memang untuk main engine ini memiliki biaya perawatan yang mahal dibandingkan bagian lainnya. Namun dua unit cukup untuk dijadikan cadangan ketika sewaktu-waktu rusak dalam keadaan yang darurat.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan engine room kapal. Semoga bermanfaat apalagi bagi Anda yang ingin bekerja di bidang kapal atau pelaut.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here