Etika dan Cara Kirim Email Lamaran Kerja Pelaut

0
420
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Banyak tidak mengerti bahwa mengirim Email lamaran kerja pelaut ternyata juga ada etika dan tips agar mendapatkan peluang untuk dibaca oleh perusahaannya. Adapun beberapa tips di bawah ini bisa dijadikan acuan.

Tips mengirim email lamaran kerja pelaut

  1. Perhatikan akun yang digunakan

Banyak orang yang tidak mengerti dan asal menggunakan akun email untuk mengirimkan lamaran pekerjaan. Bahkan ada yang menggunakan nama samaran tanpa foto diri sehingga membuat perusahaan sendiri malas untuk merespons karena etika yang tidak benar ini.

Untuk lamaran lowker pelaut sendiri yang harus digunakan adalah email resmi dengan nama pertama dan nama terakhir sesuai nama aslinya. Akun formal yang digunakan bisa menunjukkan tingkat keseriusan pengguna dalam melamar sebagai pelautnya.

2. Gunakan subjek email

Kesalahan kedua yang sering dilakukan oleh para pelamar ini adalah sengaja mengosongkan bagian subjek atau tidak menuliskan tujuannya dalam mengirimkan email tersebut. Biasanya perekrut selalu memberikan pedoman mengenai isian subjek yang harus dicantumkan.

Layaknya pengiriman lamaran kerja secara offline subjek ini berguna untuk menunjukkan identitas pengirim email dan tujuannya. Sehingga jangan lupakan hal-hal sepele seperti penulisan subjek pada email ini.

3. Isikan pesan singkat pada badan email

Banyak juga pelamar membiarkan badan email pada lamaran kerja kapal kosong tanpa terisi apa pun. Meskipun tujuannya sudah jelas pada surat lamaran yang dilampirkan namun perusahaan akan mempertimbangkan adanya sapaan ringkas yang berisikan maksimal 3 paragraf dengan penjelasan lampiran apa saja yang dikirimkan.

Hal ini juga menunjukkan etika yang baik dari pelamar pekerja kecuali jika dalam peraturannya memang tidak boleh memberikan pesan apa pun di dalam badan emailnya. Maka pengguna lebih baik tidak mencantumkan apa pun.

4. Isikan signature email

Masih berhubungan dengan penulisan pesan di dalam badan email, jangan lupa untuk memberikan signature email di bagian akhir pesan singkat yang dikirimkan. Signature email ini berisikan nama lengkap dan juga kontak aktif yang bisa dihubungi sehingga mempermudah perusahaan untuk menghubungi pelamarnya.

5. Lampirkan dokumen yang dibutuhkan

Pastikan pengguna tela melampirkan semua dokumen yang menjadi persyaratan lamaran kerja tersebut sesuai dengan format yang diminta. Format ini juga sangat krusial karena setiap perusahaan memiliki cara sendiri dalam menyeleksi pelamarnya dengan aturan milik mereka sendiri.

Jadi jangan lupa untuk meneliti semua dokumen lengkap dengan format dan penggabungan yang diminta. Dalam hal ini jangan sampai salah mengirimkan format yang diminta.

6. Kirim pada waktu yang tepat

Layaknya mengirim lamaran offline maka pengguna juga harus tahu waktu-waktu email akan dibuka oleh perekrut. Kirimkan email pada jam 9 pagi sampai dengan jam 4 untuk batas maksimal. Hindari mengirim email di atas jam 4 atau pada saat weekend.

Itulah beberapa tips yang bisa digunakan untuk mengirim email lamaran kerja pelaut. Jangan sampai salah dalam mengirimkan email lamaran Anda, ya!

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here