Setiap Pelaut Penting Untuk Pahami Tips Merawat Kapal Yang Benar

0
547
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Sebagai seorang pelaut juga memiliki kewajiban untuk merawat kapal agar selalu awet dan nyaman saat digunakan. Hal ini juga mendukung keselamatan seluruh awak kapal saat menaiki kapal selama berlayar nantinya. Perawatan kapal ini tidak hanya fokus pada mesinnya saja melainkan pada semua sisi komponennya.

Setiap Pelaut Penting Untuk Pahami Tips Merawat Kapal Yang Benar

  1. Cek bagian penyegelan jendela

Perawatan kapal yang pertama bisa dilakukan untuk selalu mengecek pada bagian jendela dan penyegelannya. Komponen yang satu ini sangat rawan untuk bocor atau mengalami kerusakan ketika tidak rapat. Sehingga memastikan selalu dalam keadaan rapat adalah suatu hal yang penting.

Jika da bagian yang masih terbuka akan membuat rongga yang memungkinkan air atau udara berlebih untuk masuk. Inilah yang menyebabkan kapal menjadi bocor dan rawan untuk tenggelam. Periksa secara mendalam apakah ada rongga dan tetesan air yang masuk sebelum benar-benar cek kondisi area lainnya.

  1. Bersihkan air laut

Sebuah kapal memang erat hubungannya dengan air asin laut namun perlu dipahami dalam hal ini tidak semua komponen bisa berkompromi. Seperti halnya pada kondisi mesin terdalam jika terkena air asin terlalu lama akan membuatnya rusak. Untuk merawat kapal pelaut bisa dengan membersihkan mesin dari air asin.

Penumpukan garam dari air asin yang mengering menyebabkan korosi atau kerusakan yang cukup serius di dalamnya. Sehingga selain perlunya dibersihkan juga bisa dibilas menggunakan air bersih. Siramlah mesin secara berkala menggunakan air bersih untuk antisipasi.

  1. Pembersihan noda pada kursi kapal

Cara merawat kapal yang ketiga adalah dengan membersihkan kursi dan kompone lain dalam kapal secara berkala. Biasanya kotoran ini disebabkan karena paparan sinar matahari dan juga percikan air laut. Jika dibiarkan akan membuatnya semakin kotor dan sulit untuk dibersihkan.

Jadi luang waktu sejenak untuk membersihkan bintik-bintik sebelum menjadi lebih banyak dan meluas. Cukup gunakan lap dan bantuan air bersih untuk meluruhkan noda yang menempel ini. Selalu jaga bagian kotak kering dan hindarkan dari kondisi kelembapan.

  1. Gunakan penutup pada Yacth

Merawat bagian kapal berikutnya untuk calon lowker pelaut adalah dengan melakukan penutupan pada bagian Yacth. Bagian ini memiliki fungsi krusial untuk membuat kapal tetap berkilau dan bersih. Jika tidak ditutupi biasanya akan dihinggapi atau dirusak oleh burung liar seperti camar.

Selain itu membiarkan Yatch tanpa penutup bukanlah keputusan yang tepat. Hal ini membuat warna dan bentuknya menjadi tidak cantik karena sudah memudar. Dengan menutupinya maka warna dan kondisinya tetap terjaga dengan baik.

Selain cara di atas ada banyak tipe merawat kapal lainnya yang bisa dilakukan. Merawat kondisi kapal secara berkala membuatnya terlihat lebih bersih dan nyaman untuk dipakai selama perjalanan. Karena itulah hal ini menjadi penting untuk diketahui oleh setiap pelaut.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here