Mengenal Mekanisme Keselamatan Kapal Dan Tahapan Pelaporannya

0
558
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Keselamatan kapal adalah harapan dari semua pelaut untuk menyelamatkan karir dan juga kepercayaan pemerintah. Sehingga mereka harus sigap dalam meneliti semua kemungkinan penyebab terjadinya sebuah kecelakaan. Inilah pentingnya melakukan pengkajian ulang terkait penyebab kecelakaan sebelumnya agar tidak terulang kembali.

Mengenal Mekanisme Keselamatan Kapal Dan Tahapan Pelaporannya

Dalam penjelasan umumnya perlu dipahami terlebih dahulu bahwa kecelakaan kapal adalah segala bentuk kejadian yang menimpa dan merugikan kapal. Kejadian yang bisa dikatakan sebagai kecelakaan kapal sendiri sangat beragam. Hal ini juga diatur secara lengkap untuk memberikan rujukan yang relevan.

Kejadian yang bisa dikategorikan sebagai kecelakaan kapal bisa berupa kondisi kapal yang kandas. Berikutnya ada kondisi tubrukan yang terjadi pada kapal. Ada juga kondisi di mana kapal mengalami tenggelam dan terbakar. Penyebabnya bisa dari berbagai macam faktor mulai dari kesalahan manusia dan alam.

Adapun untuk melakukan pelaporan adanya keselamatan kapal pelaut ternyata terdapat beberapa langkah seperti di bawah ini:

  1. Identifikasi

Hal pertama yang menjadi langkah dari pengecekan sebuah kecelakaan kapal adalah dengan melakukan identifikasi. Jika kecelakaan yang terjadi berada di wilayah Indonesia maka hal ini menjadi wewenang dari Syahbandar terkait. Biasanya pemerintah menunjuk salah satu yang diberikan tugas untuk melakukan identifikasi.

Laporan yang dibuat nantinya menjadi bahan rujukan mengenai penyebab, adanya korban jiwa sampai dengan kerugian yang terjadi. Sehingga pemerintah bisa melakukan tindak lanjut terkait kejadian tersebut. Hal ini berlaku juga untuk kecelakaan yang terjadi di luar wilayah laut Indonesia. Biasanya pemerintah juga melakukan penunjukan dari Syahbandar yang berada di laut terkait.

  1. Identifikasi lanjutan

Setelah membuat laporan kasar dari semua hal yang didapatkan terhadap kecelakaan yang terjadi maka laporan ini akan diteruskan. Untuk Anda yang berniat melamar lowker pelaut wajib tahu mengenai tata caranya.

Segala bentuk jenis laporan kecelakaan yang didapatkan baik lengkap atau belum teridentifikasi harus segera diberitahukan. Laporannya ditujukan pada Mahkamah Pelayaran tujuannya adalah untuk memberikan peninjauan tingkat lanjut.

Kecelakaan kapal sendiri adalah sebuah kejadian yang memberikan sisi traumatis untuk beberapa orang terlebih yang terlibat di dalamnya. Inilah pentingnya adanya mental yang kuat dari pelaut dan keluarganya. Mereka harus siap dengan apa saja yang mungkin terjadi saat penugasan berlangsung.

Kecelakaan ini ternyata tidak hanya memberikan kerugian dalam bentuk materi namun juga perlindungan lingkungan maritim. Sehingga pihak pertahanan harus membenahi wilayah mereka agar selalu terasa aman saat dilewati. Kejadian ini selalu mendapatkan penanganan serius.

Keselamatan kapal adalah menjadi tujuan utama untuk menjaga segala kemungkinan kecelakaan yang mungkin terjadi. Baik dari faktor eksternal ataupun faktor internal yang terjadi di dalamnya. Kedua hal ini sangat mendukung kenyamanan berlayar dan selamat sampai tujuan. Karena itulah penting untuk mengetahui mekanisme dan tahapan yang harus dilakukan dalam pelaporannya.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here