Persyaratan dan Proses Perpanjangan Endorsement Pelaut

1
8104
views
sumber: google.co.id
5/5 (4)

Untuk para pelaut, melakukan endorsement pelaut merupakan hal yang penting agar bisa tetap bekerja. Endorsement pelaut merupakan sertifikat pengukuhan bahwa Anda adalah seorang pelaut. Endorsement ini memiliki masa aktif atau masa berlaku selama 5 tahun. Jadi ketika sertifikat pelaut Anda sudah lewat dari 5 tahun, Anda harus melakukan perpanjangan endorsement pelaut.

Dalam melakukan perpanjangan endorsement pelaut biasanya harus melalui proses yang rumit. Selain itu juga tempat untuk melakukan perpanjangannya yang di departemen penhubungan laut Jakarta menyebabkan banyak dari pelaut yang malas dan sulit untuk melakukannya.

Akan tetapi sekarang ini untuk melakukan perpanjangan endorsement pelaut bisa dilakukan di Surabaya. Tepatnya di politeknik pelayaran Surabaya. Selain itu persyaratan yang dibutuhkan juga lebih sederhana.

Berkas perpanjangan endorsement pelaut

Berikut adalah beberapa berkas yang harus Anda lengkapi jika ingin melakukan perpanjangan endorsement:

  1. Pas foto ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar
  2. Scan KTP dengan format pdf
  3. Scan BST dengan format pdf
  4. Scan SPPK dengan format pdf
  5. Scan endorsement dengan format pdf
  6. Scan ijazah dengan format pdf

Ada baiknya Anda mempersiapkan semua dokumen tersebut sebelum melakukan pendaftaran perpanjangan endorsement. Selain membawa berkas dalam bentuk file pdf, Anda juga harus tetap membawa semua dokumen asli tersebut. Hal ini dikarenakan, semua dokumen dalam bentuk pdf tersebut nantinya tetap akan diperiksa dengan dokumen yang asli.

Selanjutnya jika Anda sudah sampai di politeknik pelayaran Surabaya, Anda bisa langsung datang ke area loket pendaftaran. Di tempat itulah akan ada pengecekan berkas-berkas yang sudah Anda bawa oleh petugas. Setelah semua berkas yang Anda bawa sesuai dan lengkap, selanjutnya petugas akan memberikan tagihan untuk biaya pendaftaran yang harus Anda selesaikan. Biaya pendaftaran tersebut sekitar Rp. 250.000. Jika Anda sudah melakukan pembayaran, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran. Kemudian Anda akan diminta untuk melakukan scan pada bukti pembayaran tersebut. Setelah itu Anda harus kembali lagi ke loket pendaftaran untuk menyerahkan hasil scan bukti pembayaran tersebut.

Proses pembuatan perpanjangan atau endorsement yang baru biasanya memakan waktu sekitar 3 hari. Selama proses tersebut ada baiknya Anda tetap menyimpan bukti pembayaran yang asli dan jangan sampai hilang. Hal ini berguna untuk mengantisipasi semisal saat mengambil endorsement Anda, petugas menginginkan bukti pembayaran pendaftaran.

Melakukan perpanjangan endorsement pelaut ini sangatlah penting. Terutama untuk Anda yang sedang mencari lowker pelaut. Biasanya salah satu syarat untuk menjadi pelaut adalah dengan memiliki sertifikat atau endorsement pelaut yang masih berlaku.

Oleh karena itu penting untuk segera melakukan perpanjangan sertifikat pelaut apabila Anda memiliki sertifikat yang hampir kadaluwarsa atau bahkan sudah kadaluwarsa. Hal ini penting diperhatikan.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here