Pertanyaan Yang Paling Sering Muncul Di Wawancara Pelaut

0
2165
views
sumber: google.co.id
5/5 (1)

Salah satu test yang banyak ditakuti menjadi seorang pelaut adalah wawancara pelaut. Dalam hal ini dibutuhkan banyak hal untuk persiapan agar bisa menjawab dengan benar dan sesuai. Waktu yang dibutuhkan untuk latihan juga tidak cukup sebentar Anda harus belajar materi dan juga praktiknya.

Pertanyaan Yang Paling Sering Muncul Di Wawancara Pelaut

  1. Pengenalan awal

Hal terpenting yang menjadi kriteria umum wawancara sebuah penerimaan tenaga kerja adalah terkait pengenalan awal. Mereka memang sudah membaca informasi umum dari CV namun ingin mendengarnya langsung dari Anda. Jangan khawatir tidak ada salah dan benar dalam hal ini.

Pengenalan awal biasanya perusahaan ingin tahu sikap menjawab dengan tegas dan seberapa cepat Anda tanggap terhadap pertanyaannya. Pertanyaan yang diajukan tujuannya baik untuk mengenal sisi paling dalam dari orang yang akan bergabung dalam perusahaannya.

  1. Pertanyaan terkait informasi

Setelah puas bertanya terkait diri Anda secara mendalam maka pertanyaan kisi-kisi wawancara pelaut ini akan menjadi berkembang. Dalam hal ini perusahaan ingin kenal lebih mendalam dari pekerjaan sebelumnya, keluarga sampai dengan pengalaman lainnya.

Diawali dengan pertanyaan terkait dengan tempat tinggal spesifik dan dengan siapa di sana. Jika ada keluarga lebih baik jelaskan secara mendetail lengkap dengan tanggungan yang dibawa. Anda juga bebas menceritakan mengenai keluarga dan anak yang ada di rumah.

Mereka akan lanjut untuk menggali informasi yang Anda dapatkan tentang perusahaan ini serta hal yang membuat tertarik. Pastikan untuk menjawab dengan jawaban yang menjunjung tinggi keunikan dari perusahaannya. Jelaskan alasan bergabung yang lebih masuk akal dan alasan keluar perusahaan sebelumnya dengan profesional.

Pertanyaan ini sifatnya sedikit menyudutkan dan menjebak mereka ingin tahu seberapa banyak Anda tahu tentang perusahaan baru. Mereka juga ingin tahu dedikasi terkait perusahaan lama dan alasan yang membuta keluar.

  1. Pertanyaan penutup

Jika sudah melewati fase pertanyaan informasi detail maka wawancara dalam lowker pelaut ini akan lanjut ke tahap berikutnya. Di sini Anda akan dibawa fokus dengan perusahaan dan dedikasi untuk perusahaan ini. Hati-hati dalam menjawab jangan sampai dikuasai dengan emosi.

Mereka akan langsung bertanya besaran gaji yang diinginkan saat bekerja nantinya. Dilanjut dengan kenyataan gaji dan tanggapan Anda terkait jumlahnya. Pertanyaan lain juga seputar cara mengatasi bosan, tawaran lembur dan kerja luar kota atau negeri sekalipun. Jawablah dengan profesional untuk menunjukkan potensi diri yang lebih baik tentunya. Pastikan perusahaan terkait merasa diunggulkan dari perusahaan lainnya.

Dengan adanya wawancara pelaut ini tentunya menjadi bekal tersendiri bagi perusahaan. Anda wajib persiapan diri paling tidak beberapa bulan sebelumnya. Siapkan jawaban yang menarik dan mengena di hati perusahaan agar diterima bekerja dengan baik. Inilah kunci lolos wawancara yang tepat dan penting untuk dipelajari sebelum menghadapinya.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here