Semua Pelaut Harus Mengetahui Komponen Mesin Yang Penting di Kapal

0
295
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Anda perlu tahu bahwa dalam komponen mesin kapal memang terdiri dari banyak macam. Komponen ini antara satu dengan lainnya saling berhubungan sehingga tidak bisa dipisahkan. Jadi setiap penjagaannya harus maksimal agar tidak ada masalah ketika digunakan selama berlayar di laut.

Semua Pelaut Harus Mengetahui Komponen Mesin Yang Penting di Kapal

  1. Kompresor udara darurat

Komponen pertama yang harus diketahui dalam hal ini adalah kompresor udara darurat. Kinerja dari mesinnya berkaitan sebagai pengganti ketika terjadi kerusakan pada arus listrik yang digunakannya. Mereka menggunakan mesin penggerak sendiri sehingga penggunaannya lebih praktis. Untuk menyalakannya biasanya dilakukan secara manual menggunakan tangan.

  1. Mesin darurat

Perlu dipahami dalam hal ini komponen mesin wajib ada juga mesin darurat di dalamnya. Sehingga ketika terjadi sesuatu pada mesin penggerak tidak akan menjadi masalah. Biasanya mesin ini disebut juga dengan generator dan bisa dikerjakan secara manual.

  1. Motor listrik

Berikutnya adalah komponen dengan nama motor listrik. Dalam mesin ini biasanya digunakan untuk menggerakkan beberapa komponen penting di dalamnya. Yang digerakkan berupa separator, kompresor dan alat pemompa. Motor listrik ini memberikan kemudahan dalam pembentukan energi dengan praktis.

  1. Kotak distribusi

Jenis komponen keempat yang perlu dipahami dalam lowker pelaut adalah kotak distribusi. Biasanya komponen ini ada bagian depan mesin pentingnya. Gunanya dari kotak mesin ini adalah untuk switch-switch atau starter sebagai penjualan motor listrik.

  1. Papan distribusi

Selain ada bentuk kotak ternyata komponen selanjutnya ada yang berbentuk papan. Nama komponen mesin ini adalah papan distribusi. Biasanya diletakkan di banyak lokasi untuk mempermudah kinerjanya. Sehingga penggunaan alur listrik lebih terkontrol dengan baik. Listrik alirannya nanti akan melalui kotak penyalurannya.

  1. Lo cooler

Jenis komponen keenam yang perlu dipahami dalam mesin kapal ini adalah Lo cooler. Alat yang satu ini memiliki fungsi untuk mendinginkan mesin dari induk atau intinya. Kinerjanya dibantu dengan air laut untuk mendinginkan bagian dari mesinnya.

  1. Papan penghubung induk

Jenis ketujuh dari komponen mesin yang perlu dipahami adalah papan penghubung induk. Biasanya komponen ini bisa ditemukan pada bagian ruang pengontrolan. Sehingga proses pengontrolan arus listrik yang terjadi bisa lebih mudah. Mereka akan langsung menuju lokasi yang membutuhkan arus listriknya.

  1. Instalasi pembuang kotoran

Jenis kedelapan dari komponen mesin yang juga tidak kalah penting digunakan adalah instalasi pembuang kotoran. Biasanya jenis ini digunakan untuk menampung semua kotoran yang digunakan. Kemudian setelah penuh bisa langsung dibuang pada tempat yang seharusnya.

Dengan mengenal beberapa komponen mesin ini tentunya pelaut menjadi lebih paham apa yang harus dioperasikan. Dalam mesin kapal ini juga saling berhubungan fungsinya satu dengan lainnya. Sehingga kebersihan dan optimalisasi penggunaan mesin sangat mempengaruhi.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here