Tugas dan Tanggung Jawab Pelaut yang Penting Untuk Diketahui

0
119
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Sebagai seseorang yang ingin bekerja di sebuah kapal atau pelaut tentunya harus mengerti mengenai tugas dan tanggung jawab pelaut. Hal ini sangat diperlukan karena setiap pelaut pasti memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda-beda sesuai dengan posisinya yang tentunya sangat berguna untuk Anda yang mencari info pekerjaan pelaut. Selain itu posisi tersebut juga dipengaruhi oleh dimana tempat Anda bekerja di atas kapal.

Tugas dan tanggung jawab pelaut yang perlu diperhatikan

Bagian kapal dibagi menjadi dua yaitu engine department dan deck department. Pertama adalah engine department atau yang sering dibilang bagian mesin:

  1. Chief Engineer yang merupakan jabatan tertinggi. Di sini Anda bertugas selama 24 jam dalam mengawasi keadaan mesin kapal serta bertanggung jawab atas mesin dan kelancaran sistem mesin sehingga Anda harus benar-benar tahu dan paham mengenai mesin kapal.
  2. Masinis 1 bertanggung jawab mengenai sistem hidrolik, boiler dan main engine. Tugasnya menjaga kondisi mesin tersebut pada jam 4-8 pagi.
  3. Masinis 2 bertanggung jawab untuk kompresor dan generator kapal. Tugasnya menjaga kondisi tersebut pada jam 12-4.
  4. Masinis 3 bertanggung jawab dalam menjaga sistem per pompaan dan pendingin kapal. Tugas jaganya mulai dari jam 8-12 siang.
  5. Mandor mesin bertanggung jawab untuk tugas dari masinis 1 secara harian dan kebersihan ruang mesin. Tugas jaga harian pada jam 8-4 sore.
  6. Oilman memiliki tanggung jawab dan tugas untuk membantu jaga masinis dan melaporkan jurnal mesin.
  7. Wiper berkerja untuk membantu oilman dan menjaga kebersihan ruang mesin dan ruang kontrol mesin.

Terakhir ada deck department yang juga memiliki beberapa kru dengan tugas dan tanggung jawab yang berbeda. Hal ini juga sangat penting untuk Anda perhatikan jika ingin mencari lowongan kerja pelaut:

  1. Nakhoda merupakan jabatan tertinggi di atas kapal yang juga memiliki tugas dan tanggung jawab atas kapal kepada perusahaan. Sehingga semua yang ada di atas kapal merupakan tanggung jawabnya.
  2. Chief officer bertanggung jawab dan tugas atas deck department, seperti bongkar muat barang, kerja harian dek dan stabilitas kapal. Tugas jaganya mulai dari jam 4-8 pagi.
  3. Second officer bertugas membuat lintasan atau mapping. Tanggung jawabnya dalam hal peralatan medis dan navigasi kapal. Jam jaganya mulai dari jam 00-4.
  4. Third officer bertugas mengurus administrasi umum serta bertanggung jawab atas keselamatan kapal. Jam jaganya mulai dari jam 8 pagi hingga 12 siang.
  5. Bosun bertugas atas perawatan di atas dek dan bertanggung jawab mengenai inventaris deck, kebersihan dan peralatan kerja. Tugas jaganya dari jam 8-4 sore.
  6. Juru mudi bertugas untuk mengemudikan kapal dan bertanggung jawab atas kebersihan dek.
  7. Kelasi bertugas untuk membantu pekerjaan bosun dan bertanggung jawab atas kebersihan dek kapal.

Demikian adalah tugas dan tanggung jawab pelaut yang bisa Anda perhatikan jika ingin bekerja di atas kapal.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here