Tips Berlayar untuk Pelaut Bagi Pemula di Segala Situasi

0
41
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Tips berlayar untuk pelaut harus diperhatikan dengan baik supaya bisa terjaga keamanan dan keselamatannya. Terlebih, bagi pemula yang baru saja turun bekerja menjadi pelaut, maka harus mengetahui apa saja hal penting yang perlu dilakukan. Dengan begitu, mencari gambaran secara umum untuk menghadapi tantangan ketika berlayar.

Tips berlayar untuk pelaut bagi pemula di segala situasi

  1. Bertahan di Air Ketika Kondisi Darurat

Pada saat terjadi peristiwa yang tidak terduga sebelumnya menimpa pada kapal yang digunakan untuk berlayar. Maka, setiap pelaut yang ada di kapal tersebut harus mampu bertahan di air.

Prinsip yang perlu diketahui sebagai pelaut yaitu harus hemat energi yang dimilikinya supaya tetap mempertahankan diri. Energi tidak hanya digunakan dalam menunjang kegiatan, juga untuk menjaga suhu panas pada tubuh.

Tetap usahakan kondisi badan terapung dengan keadaan terlentang. Selain itu, dalam keadaan terapung tersebut pastikan tubuh tetap diam sembari menunggu ada pihak yang bisa menolong. Jika posisi berdekatan dengan kapal milik penolong maka bisa berenang dengan posisi tubuh terlentang.

  1. Paham Terhadap Pelayaran dan Cuaca

Tips berlayar untuk pelaut pemula harus paham terhadap pelayaran dan cuaca, karena keduanya memiliki keterikatan yang sangat kuat. Arah perjalanan kapal serta keselamatan pelaut di atas kapal ditentukan oleh cuaca.

Sehingga, sangat penting untuk mengetahui intensitas hujan, arah dan kecepatan angin, tinggi gelombang air laut hingga jarak pandang. Pada umumnya, untuk tingginya gelombang menjadi suatu hal yang krusial untuk diperhatikan lebih.

  1. Kenali Alat Keselamatan Sebagai Pelaut

Ketika ingin memutuskan ingin menjadi pelaut, maka bisa menjadi lowker pelaut pada perusahaan pelayaran. Selain itu, sebagai pelaut juga harus mengetahui ilmu-ilmu dasar ketika sudah berada di atas kapal.

Salah satunya mengenali semua peralatan keselamatan di atas kapal ketika menjadi seorang pelaut. Ketahuilah di mana letak dari semua alat keselamatan serta memahami briefing yang diberikan oleh awak kapal.

Awak kapal akan memberikan informasi sesuai dengan pengalaman yang telah dimilikinya terkait tindakan awal yang harus diambil ketika kondisi darurat. Bagi pelaut juga harus mengetahui di mana letak dari life jacket  dan arah laju kapal guna menghindari keadaan darurat seperti halnya menuju arah sekoci.

  1. Mampu Menghadapi Kondisi Mabuk Laut

Cuaca yang tidak menentu ketika berada di kapal akan membuat kondisinya terus terombang-ambing dengan kecepatan gerak yang cukup hebat. Pada situasi seperti ini biasanya akan mengakibatkan pelaut mabuk laut, terlebih bagi pemula.

Cara untuk mengatasi mabuk laut bisa dengan menghindari keadaan perut supaya tidak kosong. Apabila perut dibiarkan dalam keadaan kosong, maka hanya membuat perut terasa lebih mual.

Biasanya kabin yang ada di bagian tengah memiliki sedikit guncangan daripada sisi atas ataupun samping dari kapal. Sehingga bisa menjadi tempat untuk menghindari berbagai macam kegiatan yang bisa mengakibatkan mabuk laut.

Itulah sejumlah tips berlayar untuk pelaut yang bisa diketahui. Pelaut pemula harus memahami cara yang tepat ketika berlayar di atas kapal dengan perjalanan yang panjang.

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here