Apa Saja Persyaratan Mendapatkan Sertifikat REOR Online?

0
437
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Sebagai seorang pelaut perlu memiliki sertifikat REOR online. Sertifikat ini harus diperpanjang sebelum waktunya habis. Pelaut yang memiliki sertifikat ini memiliki ketrampilan yang cukup baik dalam hal radio elektronika dan juga sebagai operator radio saat berlayar sedang berlangsung.

Persyaratan mendapatkan sertifikat REOR online?

  1. Lakukan Persiapan

Dalam persiapan ini pengguna harus memastikan dokumen dan juga data yang dibutuhkan tersedia untuk mempermudah proses perpanjangannya. Adapun yang dibutuhkan dalam hal ini adalah sebagai berikut:

  • Foto terbaru

Dokumen pertama untuk melengkapi administrasi adalah pengguna wajib upload foto terbaru dengan latar foto berwarna putih lengkap dengan memakai dasi. Foto ini harus berupa soft file untuk memudahkan proses upload-nya.

  • Scan NPWP

Jika pengguna memiliki dokumen yang satu ini wajib melampirkan scan asli dari dokumennya.

  • Scan KTP

Dalam hal ini scan KTP juga merupakan dokumen wajib yang harus ada untuk memperpanjang sertifikat tersebut. KTP digunakan untuk mencocokkan data diri dengan sertifikat yang dihasilkan nantinya.

  • Scan Sertifikat REOR

Untuk memperpanjang sertifikat ini pengguna juga wajib melampirkan sertifikat REOR yang sudah tidak aktif. Sertifikat REOR pelaut yang lama ini dilampirkan sebagai bukti kepemilikan sertifikat REOR sebelumnya.

  • Isikan Email Aktif

Email ini harus berisi email aktif untuk memudahkan proses komunikasi dan pengiriman data karena menggunakan email ini.

2. Hubungi Customer Call

Langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah pengguna wajib menghubungi nomor (021) 159 untuk memperpanjang sertifikatnya. Kemudian pengguna akan diminta mengirimkan dokumen yang telah disiapkan melalui email. Jangan lupa untuk menjelaskan maksud pengguna mengirimkan dokumen tersebut dengan kalimat pembuka yang seharusnya.

3. Masukkan User Manual

Langkah berikutnya yang harus diketahui oleh lowker pelaut untuk diketahui adalah memasukkan user secara manual. Pengguna akan mendapatkan username dan password pribadi untuk bisa mengakses sebuah laman yang diperlukan. Ikuti instruksi yang diharuskan untuk bisa mendapatkan sertifikat tersebut dengan langkah yang tepat.

4. Unggah Dokumen

Setelah berhasil masuk yang harus dilakukan oleh pengguna adalah mengunggah dokumen yang diperlukan pada laman yang telah disediakan. Pastikan ukuran dan format sesuai dengan apa yang diinstruksikan pada laman tersebut. Hal ini dilakukan untuk membuat prosesnya cepat tanpa kendala.

5. Lakukan Pembayaran

Langkah terakhir yang perlu dilakukan adalah melalui proses pembayaran. Pengguna akan mendapatkan total tagihan resmi yang harus dibayarkan untuk mendapatkan sertifikat tersebut. Surat tersebut berisikan data penting yang tersedia pada sertifikat nantinya sehingga pastikan semuanya benar dan terisi lengkap.

6. Surat Keterangan

Pengguna akan mendapatkan surat keterangan jika prosesnya berhasil dengan baik. Sertifikat yang diinginkan sudah berhasil aktif dan bisa dicek pada lamannya.

Itulah beberapa hal terkait dengan Sertifikat REOR online yang perlu diketahui khususnya oleh para pelaut.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here