Aturan dan Cara Kerja Pengaplikasian SART Kapal

0
53
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

SART kapal atau Search and Rescue Transponder biasanya digunakan untuk mencari lokasi yang aman untuk bertahan dan juga memberitahukan kapal dalam keadaan bahaya. Kinerjanya adalah dengan merespons sinyal yang berasal dari radar dengan panjang gelombang sebesar 3 cm. Kemudian barulah diintegrasi untuk ditemukan titik keberadaan kapalnya.

Aturan mengenai SART kapal

  1. Aturan SART di dalam Kapal

Hal pertama yang perlu diperhatikan dalam penempatan SART di dalam kapal adalah berkaitan dengan jumlah yang harus ada. Peletakannya juga harus pas pada posisi yang strategis sehingga cukup mudah untuk dijangkau. Sehingga ketika kapal menandakan keadaan yang darurat mudah untuk dipindahkan.

Adapun ketentuan jumlah yang diharuskan adalah sebagai berikut:

  • Rakitan atau sekoci memiliki satu unit perakitan
  • Kapal kargo ukuran GT 300 memiliki minimal satu unit
  • Kapal kargo ukuran GT 500 memiliki dua unit
  • Untuk kapal penumpang memiliki dua unit

2. Mengenal Sifat Fisik

Hal selanjutnya yang menjadi pengetahuan pelaut adalah dalam hal sifat fisik yang ada pada SART. Sifat tersebut adalah sebagai berikut:

  • Harus memiliki warna yang cerah agar mudah untuk dikenali. Warna cerah yang mencolok memudahkan siapa saja untuk mencarinya bahkan dalam keadaan yang panik sekalipun.
  • Bahan yang digunakan haruslah fiber atau fiber yang sudah mengalami penguatan. Bahan yang seperti ini bisa tahan terhadap perubahan cuaca yang cukup ekstrem sekalipun sehingga tidak akan mudah untuk rusak.
  • Memiliki bentuk yang kedap air dan struktur yang ringan agar mudah mengapung dalam air. Hal ini akan memudahkan awak kapal untuk membawanya bahkan saat genting sekalipun.

3. Melakukan tes pada SART

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah melakukan tes pada SART untuk mengetahui kelayakannya saat digunakan. Untuk melakukannya pengguna hanya perlu mengikuti petunjuk yang sudah diberikan pada produknya. Jangan asal dalam mengaplikasikan namun ikuti petunjuk dengan runtut.

Hidupkan radar dan posisikan untuk mengetes fungsi dari SART. Perhatikan dengan seksama display dalam radarnya jika layarnya mengeluarkan rangkaian titik dengan cukup jelas tentu saja SART ini bisa digunakan. Dalam SART ini juga memiliki bunyi khusus sebagai tanda bahwa komponennya berfungsi.

4. Tentang baterai SART

Pengetahuan selanjutnya yang harus diketahui sebelum melamar lowker pelaut adalah mengenai baterai SART. Hal yang harus dilakukan adalah mengetes masa berlaku baterai pada SART-nya. Pengguna harus melakukannya pada saat pengetesan fungsi dari SART itu sendiri.

Adapun syarat yang harus dipenuhi untuk kelayakan baterainya adalah sebagai berikut:

  • Dapat bekerja dalam temperatur terbawah sekalipun
  • Memenuhi masa berlaku dari 2 sampai 5 tahun
  • Mampu bertahan selama 8 jam dalam keadaan yang aktif
  • Mampu bertahan 96 jam dalam keadaan standby

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui mengenai SART kapal, semoga berguna khususnya bagi Anda yang bekerja di bidang kapal atau pelaut.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here