Ingin Jadi Pelaut? Berikut 10 Poin Penting yang Tidak Boleh Dilewatkan

0
88
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Sama seperti melamar pekerjaan yang lain, menjadi pelaut juga harus menyiapkan 10 poin penting untuk pelaut. Profesi pelaut sangat diminati oleh sebagian orang. Tidak semua orang bisa menjadi pelaut apalagi bagi yang tidak kuat mental, tidak disiplin dan tidak bisa bekerja dengan jam kerja tinggi.

Ingin jadi pelaut? Siapkan 10 poin penting untuk pelaut

1. Berkorban

Untuk menjadi pelaut hal penting yang harus dikorbankan ialah jauh dari keluarga dalam waktu yang lama. Gajinya memang tinggi  namun saat orang lain berbahagia menikmati akhir pekan dengan keluarga, pelaut harus rela menghabiskan waktunya dalam pelayaran.

2. Profesional dalam segala situasi

Pelaut ialah pekerja yang diharuskan dapat beradaptasi dengan segala kondisi yang terjadi saat pelayaran. Sehingga kemampuan untuk menerima diri dalam segala situasi sangat dibutuhkan. Bahkan pelaut  tetap harus bekerja dalam cuaca buruk jika memang itu harus dilakukan.

3. Disiplin

Ini karakter yang sangat penting harus dimiliki oleh seorang pelaut yang sudah lolos lowongan kerja pelaut sebab satu menit saja terlambat, maka semua hal akan kacau di atas kapal. Apalagi jika pelaut yang terlibat dalam perdagangan internasional, ketepatan waktu sangat penting diperhatikan. Jadi, diharuskan berdedikasi penuh pada pekerjaan yang digeluti.

4. Mampu bertahan hidup

Jika terjadi sesuatu di kapal misalnya kebakaran, di sinilah kemampuan pelaut untuk bertahan hidup sangat diutamakan. Tekad mereka tak mudah menyerah meskipun  berbagai rintangan dihadapi.

5. Ramah lingkungan

Pelaut tidak boleh buang sampah sembarangan termasuk juga mengikuti kebijakan mencegah polusi salah satunya tumpahan minyak ke laut. Pelaut sebagai bagian dari masyarakat berperan dalam kebersihan lingkungan.

6. Berani

Menjadi pelaut harus berani dengan berbagai kejadian buruk yang akan  terjadi. Keberanian tentunya karena memiliki mental yang kuat. Pelaut adalah profesi dimana orang bisa pergi ke seluruh dunia.

7. Keinginan kuat bertemu keluarga

Pelaut yang jam kerjanya dihabiskan di laut dalam beberapa bulan tentu saja membuat mereka merindukan keluarga. Memang keluarga menghormati keputusan untuk tidak pulang dalam waktu yang lama karena pekerjaan. Pengorbanan ini membuat para pelaut lebih menghormati dan mencintai keluarganya.

Pelaut bukan saja belajar mengatur kebutuhan pribadi saat dalam pelayaran namun juga menangani kehidupan monoton di laut yang ketat. Ini juga membuat pelaut lebih berorientasi kepada keluarga setelah mendapatkan job pelaut terbaru.

8. Jujur

Jujur dibutuhkan dalam segala bidang pekerjaan dan pelaut diwajibkan menjadi pribadi yang jujur dan profesional. Pelaut akan terlibat dalam berbagai kegiatan serta hukum perkapalan dan mereka harus patuh pada peraturan.

9. Berkomitmen

Pelaut yang bekerja di kapal pelayaran akan menjalani berbagai perjalanan serta perdagangan di seluruh dunia. Hal ini tidak sedikit melibatkan dokumentasi sehingga pelaut pun dipaksa untuk tetap berkomitmen penuh atas pekerjaannya dan tetap bekerja secara teratur.

10. Terorganisir

Profesi pelaut bukan pekerja yang bisa dilakukan oleh sembarangan orang. Sebab berbagai kegiatan termasuk peraturan diatur dengan baik di sini. Jadi semua telah terorganisir dan pelaut harus mampu melakukan sesuai yang telah ditetapkan.

Inilah 10 poin penting untuk pelaut yang harus dipahami oleh seorang pelaut ataupun calon pelaut. Semoga bermanfaat.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here