Jenis-jenis Jabatan Pelaut untuk Lowongan Kerja

0
435
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Ingin menjadi pelaut? Hal pertama yang harus diketahui calon pelaut adalah jenis-jenis jabatan pelaut. Sering disebut dengan jabatan pendukung atau rating. Bahkan ada yang mengistilahkannya sebagai ABK atau bawahan.

Jenis-jenis jabatan pelaut yang ada di atas kapal

1. Rating deck

Rating deck merangkap ke Bosun, Boatswin, dan Serang sebagai kepala kerja ABK deck. Bagian ini diisi dengan rating berpengalaman dan akan diarahkan oleh chief officer.

Bahkan dipastikan jika Bosun sudah melalui beberapa jabatan bawahan lainnya. Misalnya juru mudi dan kelasi. Dari jabatan kelasi ke juru mudi, Bosun membutuhkan 2 sampai 4 tahun. Untuk waktu tidak ada patokan jelas, tetapi nantinya promosi akan diberikan jika memiliki kemampuan dan disiplin kerja.

Tak hanya itu, Bosun juga harus memiliki jiwa kepemimpinan. Karena tugasnya akan melakukan survei dan memberi tugas, mengarahkan, serta memeriksa tugas bawahannya. Bahkan Bosun juga dituntut harus paham deck maintenance.

Selain Bosun, ada juga Carpenter, Mistri, Tukang Kayu yang masuk kebagian ABK deck. Tugasnya adalah berurusan dengan air tawar, sounding tanki, dan air ballast. Nantinya mereka akan bekerja di bawah arahan chief officer.

Tetapi ada beberapa perusahaan yang tidak menempatkan ketiga jabatan tersebut. Jadinya jabatan tersebut dilakukan langsung oleh Bosun. Ada juga juru mudi, Quartet Master (QM), dan Able-bodied seaman (AB) yang tugasnya melaksanakan dinas jaga. Serta ikut kerja harian deck di bawah pengawasan Bosun.

Pada Ordinary Sailor (OS) dan Kelasi adalah pelaut pemula yang ikut kerja harian di bawah pengawasan Bosun.

2. Rating engine

Jenis-jenis jabatan pelaut di kapal selanjutnya adalah rating engine. Sepert No. 1 Oiler, Engine Foreman, dan Mandor merupakan para pekerja yang masuk ke dalam ABK engine. Mereka bertiga akan bekerja di bawah arahan second engineer. Bahkan sudah dipastikan jika engine foreman sudah melalui jabatan wiper dan piket terlebih dulu.

Hampir sama seperti Bason, mandor di rating engine juga harus memiliki jika kepemimpinan. Mampu memberi tugas, mengarahkan, dan memeriksa tugas bawahannya. Bahkan mandor harus paham mantenance engine room.

Adapun Ritter dan Jurulas yang masuk sebagai ABK engine yang bertugas menangani pekerjaan mengelas. Tetapi jika kapal tidak menggunakan jabatan ini biasanya akan dikerjakan langsung oleh mandor.

3. Rating CD

Rating CD merupakan lowker pelautyang di antaranya ada jabatan chief cook, kepala koki, dan koki 1 yang berpengalaman. Memiliki tugas bertanggung jawab dalam segala makanan yang ada di kapal.

Para koki-koki akan bekerja di bawah arahan nakhoda langsung. Tetapi jika kapal masih menempatkan markonis, maka para koki akan bekerja di bawah komando markonis.

Demikianlah jenis-jenis jabatan pelaut pendukung yang ada di kapal. Ingin menjadi pelaut? Ada banyak sekali jabatan-jabatan yang bisa Anda coba. Jadi tak ada salahnya untuk mengajukan lamaran saat ada lowongan pelaut yang dibuka.

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here