Pentingnya Informasi ISM Code Bagi Pelaut yang Bekerja di Perkapalan

0
64
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Pelaut tentunya wajib mengetahui informasi ISM Code yang satu ini. ISM code sendiri adalah sebuah sistem manajemen keselamatan untuk keamanan dan juga sebagai bentuk pencegahan pencemaran pada laut. Selain itu ISM ini dibuat untuk menghindari adanya kecelakaan kapal yang cukup fatal.

Hal-hal penting terkait informasi ISM Code

  1. Mengenal latar belakang terbentuk ISM Code

ISM sendiri terbentuk bukan tanpa alasan namun juga berdasarkan banyak masalah yang terjadi pada kapal dan juga lingkungan sekitar kapalnya. Salah satu kejadian yang cukup krusial adalah mengenai keselamatan kapal. Hal ini dikarenakan pada masa itu sering terjadi kecelakaan kapal akibat kelalaian manusia.

Didukung dengan peraturan terkait yang hanya mengatur secara teori dan juga teknis tanpa melibatkan perangkat lunak maupun manusia sebagai operatornya. Kurangnya manajemen yang baik adalah faktor utama yang menyebabkan kecelakaan kapal bisa terjadi sehingga membutuhkan pemanajemenan yang lebih terstruktur.

Dengan begitu segala bentuk tindakan maupun keputusan yang akan diambil oleh awak-awak kapal ini sudah diatur di dalam ISM Code. Adanya manajemen yang baik dan kolaborasi di dalam penggunaannyalah yang bisa menghindari terjadinya kecelakaan kapal yang fatal akibat kelalaian manusia.

2. Pemilik ISM Code

Pada umumnya yang memiliki ISM Code ini adalah perusahaan pelayaran karena orang-orang inilah yang memiliki keterlibatan dalam hal operator kapal dan juga kinerja kapalnya. Tujuan dari perusahaan pelayaran ini tentunya juga selalu memperbaiki kinerja perusahaan dan juga operasi kapal tanpa meninggalkan pencemaran.

Sebelum mendaftar pada lowker pelaut tentunya juga wajib mengetahui mengenai apa saja yang diatur dan fungsi dari ISM Code ini sebagai penambah wawasannya. Hal ini dikarenakan ketika seseorang sudah bergabung dengan perusahaan pelayaran maka juga harus menaati semua peraturan yang dibuat di dalamnya. Salah satunya adalah ISM code ini.

3. Fungsi dari ISM Code

Secara umum ISM Code ini memiliki fungsi untuk perusahaan pelayaran itu sendiri. Dengan mengubah penerapan manajemen penggunaan kapal yang bagus maka kapal bisa membatasi pembuangan sampah dan juga minyak yang berlebihan. Manajemen lain yang diterapkan juga memiliki fungsi untuk mengurangi kerugian dan pencegahan kecelakaan yang terjadi akibat kebakaran.

Sehingga secara umum bisa dirangkum bahwa ISM Code ini bukan hanya berguna untuk menjaga kapal dan lingkungan sekitar kapal melainkan semua komponen yang ada saat melakukan proses pelayaran. Pencegahan dari manajemen yang dilakukan berguna untuk menjaga manusia, kapal, properti sampai lingkungan agar tidak rusak akibat adanya kapal pelayaran ini.

Aturan ISM Code ini ternyata juga berlaku untuk semua kapal yang berlayar dan sudah disahkan untuk ditaati oleh kapal-kapal terkait dalam melakukan proses pelayaran. Itulah beberapa hal terkait informasi ISM Code yang perlu diketahui oleh pengguna.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here