Syarat dan Alur Melamar Sebagai ABK Kapal Pesiar

0
742
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Menjadi ABK kapal pesiar merupakan profesi yang paling banyak diminati sebagian orang. Alasannya adalah karena gaji bulanan tinggi, jenjang karier standar internasional, serta gratis ikut berwisata ke negara yang disinggahi oleh kapal pesiar. Lantas, apa saja yang harus disiapkan apabila tertarik menjadi ABK dari kapal pesiar?

Syarat dan alur menjadi ABK kapal pesiar

  1. Lulusan perhotelan

Jika Anda ingin menjadi pelaut kapal pesiar dengan cepat. Anda harus lulusan dari jurusan perhotelan, dengan begitu peluang bekerja di kapal pesiar lebih tinggi. Jika memiliki cita-cita sebagai ABK di kapal pesiar, tetapi Anda berasal dari sekolah SMA/SMK/MA. Setelah tamat wajib mengikuti pendidikan lembaga perhotelan kapal pesiar.

2. Memiliki surat pengalaman kerja dari hotel berbintang

Sebelum mendaftarkan diri menjadi ABK kapal pesiar secara resmi. Anda harus memiliki surat pengalam terlebih dahulu dari hotel berbintang.

Surat pengalaman tersebut nantinya didapat dengan cara training selama 6 bulan di hotel berbintang. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan surat pengalaman yang akan digunakan sebagai keperluan bekerja di kapal pesiar nanti. Adanya surat pengalaman, maka gaji yang akan didapat oleh para ABK biasanya akan lebih tinggi.

3. Berusia minimal 21 tahun

Idealnya setiap pekerja di kapal pesiar harus berusia minimal 21 tahun. Jadi Anda tidak perlu tergesa-gesa. Usia yang pas akan sangat berpengaruh dalam kepemilikan Visa kerja, terlebih lagi pada perusahaan kapal pesiar khusus Eropa dan Amerika.

4. Bisa bahasa Inggris

Syarat menjadi ABK kapal pesiar selanjutnya adalah bisa berbahasa Inggris. Minimal Anda harus paham dan mampu berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Apabila Anda lancar menggunakan bahasa Inggris, maka akan mendapatkan banyak tawaran dari perusahaan-perusahaan kapal pesiar besar luar negeri. Itulah sebabnya bahasa Inggris sangat penting.

5. Mengikuti seleksi

Jika kamu sudah mengikuti semua alur-alur lowker pelaut di atas, pada langkah selanjutnya barulah Anda bisa mengikuti seleksi. Untuk mengikuti seleksi Anda harus mengikutinya di agen penyalur resmi dan memiliki reputasi baik. Terpercaya serta sudah diakui secara publik.

Dengan begitu Anda tidak akan tertipu. Apalagi saat ini banyak sekali agen-agen bodong yang akan memberi iming-iming bekerja di kapal pesiar dengan cara membayar uang dengan jumlah yang sangat besar. Jadi Anda harus tetap waspada.

6. Lengkapi semua dokumen

Jika Anda lolos pada tahap seleksi, maka pihak agen akan meminta dokumen-dokumen. Seperti dokumen sertifikat Basic Safety Training, Paspor, Medical Check-up dan buku pelaut. Jika semua dokumen sudah lengkap, barulah Anda bisa menyerahkannya kepada pihak agen penyalur. Setelah itu Anda hanya harus menunggu jadwal keberangkatan.

Demikianlah syarat dan alur ketika ingin menjadi ABK di kapal pesiar. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas Anda bisa bekerja sebagai ABK kapal pesiar dengan pendapatan yang fantastis. Bagaimana, tertarik? Jadi ayo wujudkan impian menjadi ABK.

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here