Apa Saja Daftar Alat Keselamatan Kapal yang Ada?

0
114
views
sumber: google.co.id
Berikan Rating Sekarang

Alat keselamatan kapal merupakan salah satu hal yang wajib diperhatikan terutama untuk Anda yang bekerja di kapal. Pekerja di kapal tentunya membutuhkan alat keselamatan diri atau safety guna membantu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa peralatan keselamatan yang wajib ada saat di kapal.

Inilah jenis alat keselamatan kapal

1. Ring life buoys

Ring life buoys ini sekilas akan terlihat sama seperti pelampung ban berwarna oranye. Ring life buoys ini biasanya ada di samping kapal letaknya. Alat keselamatan ini dilengkapi dengan tali yang berguna untuk menyelamatkan orang yang jatuh ke laut. Orang yang terjatuh ke laut tersebut bisa menjangkau ring life buoys dan seseorang yang ada di atas kapal bisa menyelamatkan orang tersebut dengan menarik tali tersebut.

2. Life jacket

Jenis alat keselamatan di kapal selanjutnya adalah yang paling umum ditemukan yaitu, life jacket. Life jacket ini hampir sama dengan pelampung yang berwarna oranye. Life jacket ini digunakan saat terjadi hal-hal yang darurat seperti kapal yang karam dan sebagainya. Gunanya adalah untuk membantu seseorang untuk bisa mengapung atau berenang di laut, sehingga tidak akan tenggelam.

3. Inflatable liferaft (rakit penolong)

Rakit penolong ini berguna untuk meninggalkan kapal. Rakit ini bisa menampung orang 25 orang di dalamnya. Rakit ini berguna untuk membantu Anda jika benar-benar harus meninggalkan kapal dikarenakan kapal yang rusak atau sudah tidak bisa digunakan.

Cara kerja dari rakit penolong ini hanya dengan melemparkannya ke laut kemudian akan mengembang dengan sendirinya. Dikarenakan digunakan untuk menyelamatkan nyawa di saat darurat, maka rakit ini juga dilengkapi dengan makanan, alat bantu komunikasi hingga obat-obatan.

4. Life boat

Life boat atau yang dinamakan dengan skoci penyelamat ini merupakan alat penyelamat yang tujuannya sama dengan rakit penolong dimana digunakan untuk meninggalkan kapal di saat darurat. Berbeda dengan rakit penolong, life boat ini hanya bisa digunakan untuk 8 sampai 10 orang saja.

Namun, sama dengan rakit penolong dimana juga dilengkapi dengan obat-obatan, makanan dan alat bantu komunikasi untuk meminta pertolongan. Mengetahui alat keselamatan di kapal ini cukup penting untuk dipahami jika Anda sedang mencari loker pelaut.

5. Breathing apparatus

Salah satu alat keselamatanyang penting ada di kapal adalah breathing apparatus. Breathing apparatus ini merupakan alat bantu untuk pernafasan dimana digunakan saat kapal mengalami kebakaran.

Dikarenakan ini adalah alat pernafasan maka juga ada tabung oksigen yang digunakan untuk membantu pernafasan. Tabung oksigen ini bisa bertahan cukup lama karena memiliki ukuran 8 liter hingga 10 liter, sehingga mungkin bisa digunakan untuk beberapa orang membutuhkan bantuan alat pernafasan.

Demikian artikel mengenai alat keselamat kapal yang memang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat.

Oleh: jobpelaut.com

Berikan Penilaian Artikel:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here